Pemkab Lotim, Relokasi 66 KK Terdampak Banjir Rob Sepanjang Tahun.

Pemkab Lotim, Relokasi 66 KK Terdampak Banjir Rob Sepanjang Tahun.

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim), NTB, merelokasi 66 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Jerowaru, yang setiap tahunnya terkena bencana banjir rob sepanjang tahun.

Untuk setiap unit rumah yang dibangun tersebut, kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lombok Timur, Drs. Purnama Hady, diestimasikan menelan biaya sebesar Rp50 juta.

“Saat ini, sudah ada 43 KK yang sudah menempati rumah baru, yang sudah jadi,” katanya, di Selong, Selasa ( 20/09/ 2022).

Sedang sisanya yang 23 KK, kata dia, sedang dalam proses pembangunan, yang diprediksi bulan Nopember 2022 ini, selesai.

Rumah yang dibangun secara swakelola dengan bantuan Komando Distrik Militer (Kodim) 1615, melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), sebut dia, tentunya akan menghasilkan kualitas rumah yang aman dan sehat.

Kerjasama lintas sektoral dalam membantu warga yang terkena bencana, bagi Purnama Hady, adalah patut dikembangkan diberbagai bidang.

Masalahnya, kata dia, di samping mampu memaksimalkan anggaran yang minim, juga kualitas bangunan tidak diragukan lagi.

Terkait dengan 23 KK yang belum jadi rumahnya, sebut dia, saat ini kondisi mereka ada yang masih tinggal, dan sebagian besar dari mereka juga ikut membantu membangun rumahnya sendiri.

“Tapi lebih banyak para KK ini, ikut membantu para TNI untuk membangun rumahnya sendiri,” katanya.(red)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA