PEMBINAAN IMAM DAN MARBOT KECAMATAN TAMBUN UTARA

PEMBINAAN IMAM DAN MARBOT KECAMATAN TAMBUN UTARA

Hari Ahad, 10 Januari 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB di Masjid Al Fattah Nurussalam Jl. Turi Tambun Utara, Bekasi diadakan kegiatan pembinaan Imam dan Marbot se-Kecamatan Tambun Utara. Kegiatan ini diadakan oleh Penyuluh Agama Islam tingka KUA Kecamatan Tambun Utara bekerja sama dengan Majlis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Tambun Utara. Berdasarkan pantauan media SinarLIMA (Sinar5News.com) para imam dan marbot yang hadir hampir seluruhnya dari 90 masjid yang ada di Kecamatan Tambun Utara..

Pembinaan Imam dan Marbot ini yang bertugas sebagai pembawa acara Ust. Wahlul Hariri, S.PdI (salah seorang Penyuluh Agama Islam non PNS Tambun Utara) dengan susunan acara yang terdiri dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran, sambutan, tanya jawab dan doa penutup. Dengan suaranya yang tenang, fokus dan penuh semangat, membuat kegiatan ini berlangsung sangat lancar, tertib dan khidmat.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan suci Al Quran oleh Ust. Junaidin (salah seorang Imam masjid di Tambun Utara) membacakan surat At Tahrim ayat 6-9. Diantara kandungan ayat tersebut mengingatkan kepada orang-orang beriman agar menjaga diri dan keluarga dari siksan api neraka. Salah satu cara menjaga diri dari siksa api neraka tersebut adalah dengan menjadi imam dan marbot secara tulus, disiplin dan penuh semangat.

Sambutan pertama oleh Ust. Maman Suryaman (salah seorang pengurus DKM Masjid Al Fattah Nurussalam). Dalam sambutannya menyatakan rasa syukur kepada Allah dan terima kasih kepada para imam dan marbot yang telah meluangkan waktu untuk hadir bersilaturrahim sekaligus mengikuti pembinaan imam dan marbot oleh Penyuluh Agama Islam dan Majlis Ulama’ Indonesia Kecamatan Tambun Utara. In sya Allah kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan demi terwujudnya para imam dan marbot yang memiliki keistiqomahan dalam menegakkan syi’ar Islam khususnya di wilayah Kecamatan Tambun Utara, karena sangat banyak manfaat yang diperoleh. Diantaranya semakin mengakrabkan komunikasi antara satu dengan lainnya, memupuk rasa persatuan yang kokoh dan yang paling penting akan menambahkan nilai keberkahan dalam kehidupan sehari-hari, karena tugas imam dan marbot ini adalah tugas yang sangat mulia dari Allah SWT.

BACA JUGA  Dirgahayu Republik Indonesia HUT RI ke-76 Indonesia Tangguh

Sambutan kedua dari Ust. H. Supriadi, S.Ag, MM (Penyuluh Agama Islama Fungsional Kecamatan Tambun Utara). Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya keberadaan legalitas masjid dengan memenuhi persyaratan mendirikan masjid disertai lampiran-lampiran yang diperlukan, agar kedepan keberadaan masjid itu benar-benar kuat secara hukum dan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Juga menyampaikan pentingnya mengelola masjid dengan managerial yang rapi seperti menertibkan administrasi, penjadwalan imam/khotib, menjaga kebersihan maupun hal-hal lainnya yang berkaitan untuk kemakmuran masjid, sehingga masjid itu benar-benar memberikan rasa nyaman bagi para jama’ah untuk melaksanakan kegiatan ibadah dan mengikuti kegiatan-kegitan lainnya yang berhubungan dengan syi’ar Islam.

BACA JUGA  Babinsa Kawal Vaksinasi Berharap Pandemi Berakhir

Sambutan ketiga dari Ketua Umum MUI Tambun utara periode 2020-2025, Ust. Abdul Majid Manaf, S.PdI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan imam dan marbot ini sangat penting artinya untuk peningkatan kualitas bagi para imam dan marbot. Imam dan marbot adalah tugas yang sangat mulia yang diperintahkan langsung oleh Allah dan Rasul-Nya. Beliau mengutif salah satu hadits untuk memotivasi para imam dan marbot;

وقد روي عنداود بن أبي هند قال: حدثت أن رجلا أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: مرني بعمل أعمله، قال: كن إمام قومك، قال: فإن لم أقدر، قال: فكن مؤذنهم. رواه سعيد.

“Dan Dawud bin Abi Hind telah meriwayatkan berkata aku diberitahu bahwa ada seorang lelaki mendatangi nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, perintahkan aku untuk melakukan sebuah amalan. Nabi bersabda, jadilah imam bagi kaummu. Ia berkata, jika aku tidak mampu?. Nabi menjawab, maka jadilah muadzin bagi mereka!” (HR. Sa’id)

Dalam kesempatan ini juga crew media SinarLIMA (Sinar5News.com) mewawancara ketua MUI Kecamatan Tambun Utara ini. Ketika ditanya apa program untuk pembinaan umat khususnya di wilayah kecamatan Tambun Utara. Beliau menjawab, “Kami akan melanjutkan program-program yang telah ditetapkan oleh pengurus MUI sebelumnya, seperti melakukan pembinaan umat, menjaga kerukunan dan kedamaian umat, mendukung program-program kegiatan keumatan dan lain-lain.” Selanjutnya ketika ditanya apa pendapatnya mengenai kegiatan pembinaan imam dan marbot saat ini? Beliau menjawab; “Kegiatan ini saya apresiasi, in sya Allah sangat positif dan bermanfaat untuk peningkatan semangat para imam dan marbot di masjid tempat mereka bertugas”.

BACA JUGA  MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI MASJID AT TAWWABIN NW BEKASI

Semoga dengan keikhlasan dan keistiqomahan para imam dan marbot yang ada di Indonesia, khususnya di Tambun Utara benar-benar menjadi sumber datangnya keberkahan berlimpah ruah dari langit dan bumi, sehingga Indonesia menjadi Negara yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur (Negara yang baik, aman, makmur sejahtera dan mendapat ampunan dari Allah Tuhan semesta alam), Aamiin (Amr)

Bekasi, 27 Jumadil Awwal 1442 H/11 Januari 2021 M

BACA JUGA  Kisah “Lucu” Para Sahabat Menjalankan Sunnah Nabi dan Hikmahnya

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA