Mengisi Tahun Baru Islam Dengan Pembacaan Tarekat Hizib

Mengisi Tahun Baru Islam Dengan Pembacaan Tarekat Hizib

Acara doa bersama menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1443 H. yang berkenaan dengan malam Selasa, tanggal 9/8/21, dilaksanakan di Masjid Hamzanwadi PONPES Nahdlatul Wathan Jakarta, dimulai dari setelah shalat Isya berjamaah sampai selesai, berjalan dengan lancar.

Acara tahun baru diisi dengan pembacaan Tarekat Hizib yang dipimpin langsung oleh Kiyai H.Muhammad Suhaidi, pimpinan Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta.

Setelah selesai pembacaan Tarekat Hizib, langsung dilanjutkan kepada pembacaan Maulid Nabi besar Muhammad SAW dan cukur rambut yang diikuti oleh segenap jamaah yang hadir.

Adapun jamaah yang menghadiri acara tersebut, terdiri dari para santri, para guru, pengasuh Pesantren, alumni dan jamaah Nahdlatul Wathan.

Acara terakhir ditutup dengan sambutan sekaligus tausiyah yang langsung di sampaikan oleh pimpinan Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta, Kiyai H.Muhammad Suhaidi. Dalam tausiyahnya, beliau menyebutkan ada 4 bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT. yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah Muharram dan Rajab. Bulan Muharram adalah bulan yang diharamkan padanya untuk berperang. Dan pada bulan Muharram kita dianjurkan untuk berpuasa. Hal ini sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.

 “Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam,” (HR. Muslim).

Kiyai H.Muhammad Suhaidi melanjutkan tausiyahnya dengan menjelaskan tentang waktu, bahwa waktu itu ada tiga: waktu yang sudah lampau waktu sekarang dan waktu yang akan datang. Dan waktu yang kemaren tidak akan pernah terulang. Mari menggunakan waktu ini dengan sebaiknya, dengan meninggalkan cerita yang baik. Almagfurullah TGKH. MUHAMMAD ZAINUDIN ABDUL MADJID menyebutkan

وَإِنَّمَا المَرْءُ حَدِيْثٌ بَعْدَهُ ✳ فَكُنْ حَدِيْثًا حَسَنًا لِمَنْ وَعَى

“Seseorang akan menjadi cerita bagi generasi sesudahnya. Maka jadilah cerita yang baik bagi orang-orang yang memahami arti sejarah”.

Harapannya, Semoga tahun baru ini lebih baik dari tahun yang lalu, serta Allah senantiasa memberikan kekuatan iman dan taqwa dalam menjalani hidup di dunia dan akhirat.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA