Yuk, Coba! Ini 5 Cara Cepat Mengatasi Sakit Perut Usai Makan Pedas

banner post atas

Sinar5News.com – Jakarta – Setelah makan makanan yang pedas, biasanya perut kita akan mulai terasa panas dan sakit. Rasa sakit pada perut usai makan pedas itu dipicu oleh senyawa kimia yang disebut kapsaisin.

Untuk mencegah iritasi akibat kapsaisin, dinding lambung memproduksi lendir khusus. Seperti dilansir dari laman Healthline IDNTIMES.com ,lendir khusus tersebut tak akan terlalu ampuh jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas. Kamu tahu, apa saja cara ampuh meredakan sakit perut akibat makan pedas?

Berikut daftarnya :

Iklan

1. Minum teh kamomil

 

Teh kamomil (chamomile)  memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan. Selain itu, juga mampu merangsang pengeluaran gas dan merelaksasikan otot pencernaan.

Sakit perut juga bisa bertambah parah karena makanan pedas mampu meningkatkan produksi asam lambung. Dalam hal ini, kamomil mampu menurunkan produksi asam lambung agar tidak memperparah sakit perut. Oleh karena itu, banyak orang yang percaya bahwa teh bunga kamomil dapat meredakan sakit perut.

2. Minum campuran dari lemon dan madu

Madu mengandung butiran gula alami yang mampu menyerap kapsaisin, sedangkan lemon yang bersifat asam dapat menetralkan kapsaisin dengan cara mengikat molekulnya. Namun, bagi kamu yang menderita penyakit lambung, harus berhati-hati dengan minuman ini. Meski lemon disebut mampu meredakan sakit lambung, kamu harus berhati-hati saat mengonsumsinya.

3. Minum rebusan air jahe

Jahe merupakan bahan yang dipercaya sejak lama mampu meredakan sakit perut. Senyawa antiradang pada jahe dipercaya mampu meredakan sakit perut, perut kembung, diare, mual, muntah, hingga irritable bowel syndrome(IBS).

Sesungguhnya, kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai olahan, seperti mencampurkannya dengan teh, merebusnya, atau dalam bentuk suplemen.

4. Menggunakan kompres

Kompres memang tidak menyembuhkan sakit perut secara langsung. Namun, kompres hangat mampu mengalihkan rasa sakit perut dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

BACA JUGA  SERUAN KODI DKI JAKARTA DALAM PENANGGULANGAN WABAH COVID-19

Kamu bisa membasahi kain dengan air hangat dan ditempelkan pada perutmu. Biarkan beberapa saat, namun jangan terlalu lama menggunakannya agar tidak muncul iritasi.

5. Makan dan minum pelarut kapsaisin.

Salah satu cara mengatasi rasa sakit perut yang disebabkan makanan pedas ialah melarutkan penyebabnya. Dilansir dari laman NDTV, kapsaisin dapat larut dalam lemak dengan meminum susu full-fat, yogurt, dan selai kacang. Roti dan nasi merupakan makanan yang tak dapat melarutkan kapsaisin, namun keduanya mampu menyerap zat ini.

Itulah kelima cara meredakan sakit perut setelah makan pedas. Ingat, ya, makan pedas itu tidak masalah, namun harus tahu batasannya ya .(SDK)