Upaya Membentuk SDM Pramuka Yang Unggul, Kwarcab Kota Mataram Gelar LATGAB

Upaya Membentuk SDM Pramuka Yang Unggul, Kwarcab Kota Mataram Gelar LATGAB

Sinar5news.com – Mataram – Latihan Gabungan (LATGAB) yang di Inisiasi oleh beberapa Pembina bantu di pangkalan Gugus Depan Penegak di Kota Mataram ini berjalan dengan lancar, kegiatan ini berlangsung selama sehari di Bumi Perkemahan H. Moh Ruslan Mataram, Ahad (07/05/2023). Dibuka secara resmi oleh Hj. Nengah Istiqomah Selaku Ka. Mabigus (Kepala Sekolah) SMAN 9 Mataram sebagai tuan rumah penyelenggara.

Latgab ini diikuti oleh 15 Gugus Depan Penegak di Kota Mataram. Panitia pelaksana kegiatan berharap Latgab ini tidak hanya dilaksanakan kali ini saja. Namun juga akan menjadi kegiatan rutin yang diikuti oleh Gugus Depan Penegak dan Pandega se Kota Mataram.

Selain untuk melatih skill dan kemampuan dibidang tekpram maupun wawasan tentang kepramukaan kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahmi dalam rangka memupuk jiwa korsa dan kekompakan anggota pramuka di kota Mataram khususnya Penegak dan Pandega, dan juga untuk mempersiapkan diri ketika membawa nama Kota Mataram bersaing di tingkat Daerah maupun Nasional.

Katua Kwarcab Kota Mataram H. Didi Sumardi dalam upacara penutupan menjelaskan bahwa latihan gabungan ini merupakan upaya bagaimana meningkatkan pembinaan anggota pramuka, kualifikasi yang sesuai dengan apa yang ditentukan.

“Setiap pelatihan akan kita tentukan, kira-kira apa yang menjadi konten atau materi yang diberikan pada peserta. Setelah mengidentifikasi atau mencermati apa yang menjadi kebutuhan yang penting bagi peserta dan tentu disesuaikan dengan level status keanggotaannya kepada kategori penegak dan juga pandega”, jelas Kak Didi sapaan akrabnya.

Kedua lanjutnya, diharapkan kepada peserta sekalian untuk membangun keunggulan sumber daya yang dimiliki, karena menjadi modal, bekal bagi kita untuk kehidupan sesuai dengan apa yang dijalankan saat ini khususnya di ruang lingkup sekolah masing-masing sebagai satuan pendidikan dasar dan terpenting adalah itu harus terbangun dari adik-adik sekalian yang akan melakoni atau menjalani aktivitas dan kehidupan.

“Bagaimana cara membekali diri dengan berbagai hal yang memungkinkan adik-adik sekalian bisa memiliki kualifikasi lebih dibanding yang lain, oleh karena itu bagian dari memenuhi kualifikasi itu adalah lagu kegiatan pramuka”, ucapnya.

Kegiatan pramuka Inilah kita harapkan menanamkan satu nilai yang menjadi panduan dan pedoman kita adalah Trisatya dan Dasa Dharma. Harus betul-betul dimengerti, dihayati, aktualisasikan dalam kehidupkan seharai-hari.

“Nilai-nilai Dasa Dharma itu dalam aktivitas keseharian di mana saja, di sekolah, keluarga dan lingkungan. Bagaimana  cara kita membentuk konsistensi kita terhadap nilai yang kita miliki”, tutupnya. (Man/Pusinfocab)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA