Shalat sebagai kewajiban bagi seorang Muslim

Shalat sebagai kewajiban bagi seorang Muslim

Ketika seseorang telah menyatakan kalimat syahadat kepada Allah dan mengakui bahwa Nabi Muhammad utusan Allah, maka tugas seorang muslim menjalankan syariat agama Islam dengan bersungguh-sungguh disertai Istiqomah dalam melakukan ibadah kepada Alloh SWT semata-mata hanya mengharapkan ridha dari Allah SWT. Kewajiban paling utama bagi setiap kaum muslim yaitu: mengerjakan shalat 5 waktu dalam sehari semalam.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

Dan dirikanlah sholat , keluarkan zakat, dan
tunduklah/ruku lah bersama Sama-sama orang-orang yang ruku (QS.al baqarah 2:43).

Dan masih banyak lagi dijelaskan ayat-ayat Al Qur’an lain yang memerintah seorang muslim menjalankan sholat.

Sholat merupakan tiang agama Islam yang harus dijaga sampai akhir hanyat. Menjalankan shalat dengan selalu beristiqomah bukan untuk kepentingan pribadi akan berdampak positif terhadap Agama. Semakin umat Islam taat kepada Allah SWT maka Islam akan selalu berjaya di muka bumi. Dan begitu juga sebaliknya jika umat Islam meninggalkan shalat maka bukan hanya celaka terhadap dirinya sendiri tetapi sungguh dia telah meruntuhkan agamanya.

الصَّلاةُ عِمادُ الدِّينِ ، مَنْ أقَامَها فَقدْ أقَامَ الدِّينَ ، وَمنْ هَدمَها فَقَد هَدَمَ الدِّينَ

“Shalat merupakan tiang agama, barang siapa yang menegakkan shalat, maka dia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkan shalat, berarti ia telah merobohkan agamanya”.

Mudahan Allah memberikan kita keistiqaomahan dalam menjalankan shalat, dan semoga tulisan ringkas ini bisa memberi manfaat untuk kita semua. Mudahan semua amal ibadah yang kita kerjakan mendapatkan keridhaan dari Allah SWT aamiin.

BACA JUGA  DPC-PPP Lombok Timur, Dukung Drs.H.Muzihir Sebagai Kandidat Ketua DPW-PPP Provinsi NTB.

Baca Selanjutnya

BACA JUGA  TOK TOK TOK. DENGAN AKLAMASI TGH. MUSLIHAN HABIB TERPILIH KEMBALI SEBAGAI KETUA UMUM PW NW DKI JAKARTA, PERIODE 2020-2025

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA