Mengenal Hizib Lebih Dekat

Mengenal Hizib Lebih Dekat

Hizib adalah kumpulan doa yang disusun oleh Syaikh Zainuddin Abdul Majid, diambil dari beberapa doa yang bersumber dari alqur’an, hadis, doa para sahabat, Waliyullah, dan orang-orang soleh. Dijadikan sebagai kitab amalan yang biasa dibaca pada hari jumat.

Membaca hizib sangat dianjurkan bagi seluruh kalangan, lebih-lebih terhadap jamaah Nahdlatul Wathan, sangat ditekankan untuk terus diamalkan. Hal ini karena dalam Hizib dilatih dan dibiasakan untuk banyak menyebut dan mengingat Allah. ”Dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Aljumuah: 10). ”Dan berzikirlah (ingatlah) kamu kepada-Ku, niscaya aku akan senantiasa mengingat kalian.” (QS Albaqarah: 152).

Dari sini dapat dikatakan, bahwa pembacaan Hizib adalah salah satu pengejewantahan dari perintah Allah yang memerintahkan untuk banyak-banyak menyebut dan mengingat Allah, kapan dan dimanapun kita berada.

Bahagia rasanya diingat oleh Allah. Sesama manusia saja, begitu senang dipanggil dan disebut namanya, lalu bagaimana dengan Allah yang menguasai alam semesta dan menciptakan kita semua, tentu kesenangan yang dirasakan akan jauh berbeda dibanding dengan sebutan dan pujian dari sesama manusia.

Menurut H. Miftahuddin, LC, MA, kepala Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta. Hizib Nahdlatul Wathan dan Nahdlatul Banat adalah kumpulan doa yg ma’tsurat dari al qur’an ataupun hadits, juga dari wirid dan amalan para auliya Allah. Doa tersebut diracik oleh Maulana Syeikh dengan pendekatan mubashshirat. Hizib ini kemudian menjadi amalan dan wirid yang dirutinkan oleh para santri dan jamaah NW, dari sejak awal diperkenalkan hingga saat ini. Dan semoga terus berdengung hingga hari kiamat.

Doa dalam Hizib begitu lengkap, mulai dari doa keselamatan, kebahagiaan dunia dan akhirat untuk diri sendiri, keluarga, agama, negara bahkan seluruh kaum muslimin baik yang masih hidup ataupun telah tiada.

Sebagaimana Hizib yang lain, Hizib Nahdlatul Wathan dan Nahdlatul Banat sangat menonjolkan doa perlindungn dan penjagaan dari berbagai kejahatan makhluk dan mara bahaya. Karena keyakinan akan doa penjagaan inilah madrasah NWDI dan NBDI di awal berdirinya terjaga dan terselamatkn dari kekejaman pendudukan jepang di pulau jawa dan lombok. Dan kini pengamalan dan pewiridan Hizib Nahdlatul Wathan ini diyakini menjadi sumber kekuatan tersendiri yg terus mengawal gerak langkah perjuangn NW menegakkan dan membela kalimat Allah sepanjang masa.

Moga Manfaat

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA