ACARA WALIMATUL KHITAN DI KEDIAMAN BP. RISWANTO PERUMAHAN THE PALM RESIDENCE BERLANGSUNG KHIDMAT

ACARA WALIMATUL KHITAN DI KEDIAMAN BP. RISWANTO PERUMAHAN THE PALM RESIDENCE BERLANGSUNG KHIDMAT

Salah satu syariat Islam yang sangat penting yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW adalah berkhitan yang hukumnya wajib menurut madzhab imam Asy Syafi’i. Dan kewajiban berkhitan ini telah di syariatkan pula kepada para nabi sebelumnya. Hal ini bertujuan agar bersih dari kotoran najis yang ada di sekitar kemaluan.

Hari ini, Ahad (28/06/2020) pukul 08.00 WIB dilaksanakan syukuran (walimatul khitan) di Perumahan The Palm Residence Blok B, Sriamur, Tambun Utara Bekasi, atas telah dikhitannya putra dari Bapak Riswanto yaitu Ardian Dwi Putra.

Dalam acara walimatul khitan ini dihadiri oleh ibu-ibu pengajian dari 5 gabungan majlis ta’lim dibawah binaan Ustadzah Inti Sri Sukarti yaitu Majlis Ta’lim Ummu Sholeha Al Hidayah, VGH Blok C dan D. Majlis Ta’lim An Nur VGH 5 Blok I, Majlis Ta’lim Muslimah Sakinah Al Ikhlas Bumi Sakinah 3, Majlis Ta’lim At Tawwabin NW VGH 3 Blok A dan MajlisTa’lim Assakinah The Palm. Hadir juga ibu RW dan warga dari ibu-ibu sekitar.

Sebelum acara taushiyah pada acara walimatul khitan, terlebih dahulu diawali dengan pembacaan surat Ar Rahman dipimpin oleh ketua majlis ta’lim Muslimah Sakinah, pembacaan surat Yasin dari pimpinan majlis ta’lim At Tawwabin NW, pembacaan tahlil dipimpin oleh pimpinan majlis ta’lim Al Hidayah dan qishah maulid Nabi dari majlis ta’lim An Nur.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah (shahibul hajat) yaitu Bapak Riswanto. Inti dari sambutannya adalah menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran ibu-ibu pengajian, wabil khusus ucapan terima kasih kepada utadzah Inti Sri Sukartini yang berkenaan hadir untuk memberi taushiyah pada acara syukuran khitanan anaknya. Lebih lanjut Bapak Riswanto berharap agar mendoakan putranya yang telah dikhitan pada hari Jumat, 26 Juni 2020, agar menjadi anak yang shalih, berbakti kepada orang tua dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Selanjutnya tibalah pada acara inti yaitu taushiyah yang disampaikan oleh Ustadzah Inti Sri Sukartini yang merupakan pembina dan guru tetap dari 5 gabungan majlis ta’lim kaum ibu untuk wilayah Sriamur dan sekitarnya.

Dalam taushiyahnya banyak memberikan pelajaran kepada seluruh jamaah yang hadir wabilkhusus kepada shahibul hajat diantaranya menyampaikan kandungan surat Lukman ayat 13-19. Dalam ayat-ayat ini dicontohkan oleh seorang ahli hikmah yang bernama Lukman bagaimana konsep mendidik anak yang benar sesuai dengan ajaran Al Quran yaitu;

1. Mengajarkan keyakinan hanya Allah Tuhan satu-satunya yang berhak disembah dan dilarang untuk menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, karena perbuatan tersebut termasuk kezaliman yang sangat besar.

2. Perintah kepada setiap anak agar selalu berbakti, taat dan patuh kepada kedua orang tuanya.

3. Banyak bersyukur kepada Allah atas segala nikmatNya dan berterima kasih (bersyukur) kepada kedua orang tua atas segala jasanya.

4. Jika orang tua memaksa untuk melakukan perbuatan syirik, maka anak wajib menolaknya. Walau demikian setiap anak wajib menjaga hubungan baik kepada kedua orang tuanya.

5. Setiap orang tua wajib memerintahkan anaknya mendirikan shalat, berbuat baik, mencegah yang munkar dan bersabar terhadap mushibah yang menimpa.

6. Dilarang berlaku sombong baik dengan ucapan maupun perbuatan, karena Allah sangat membenci kepada orang yang sombong dan membanggakan diri.

7. Hendaknya setiap diri bersikap dengan tawaddu, sederhana dan berkata lemah lembut kepada sesama.

Terakhir Ustadzah Inti Sri Sukartini mengajarkan dua buah doa yang sangat bagus yang beliau terima sekitar tahun 1994 dari seorang ulama besar yaitu Al Magfurlah KH. Noer Ali pahlawan nasional dari Bekasi. Doa ini sangat bagus dibaca untuk mendoakan anak-anak kita agar menjadi shalih/hah, berbakti dan taat dalam beribadah.

اللهم اني اشهدك عني راضية عن ابني/ابنتي تمام الرضا وكمال الرضى ومنتهي الرضا، فاللهم انزل رضوانك عليهم برضاءي عنهم

Ya Allah aku bersaksi kepadaMu, bahwa aku ridha kepada anak-anakku (sebut nama anaknya) dengan ridha yang sempurna dan paling komplit, maka turunkanlah keridhoanMu agar akupun menjadi ridha kepada mereka.

اللهم اجعل اولادنا كلهم صالحا وطاعة وعمرهم طويلا وارزقهم واسعا وعقولهم زكيا وقلوبهم نورا وعلومهم كثيرا نافعا وجساده صحة وعافية برحمتك يا ارحم الراحمين.

Ya Allah jadikanlah anka-anak kami shalih, taat beribadah, umurnya panjang, rizkinya luas, akalnya cerdas, hatinya bercahaya, ilmunya banyak dan bermanfaat, sehat dan kuat jasmaninya, dengan rahmatMu wahai zat yang maha memberi kasih sayang lebih dari semua yang memiliki sifat kasih sayang.

Semoga taushiah beliau dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, demi melahirkan generasi yang berkualitas. (Amr)

Bekasi, 7 Dzulqa’dah 1441 H/28 Juni 2020 M

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA