SMA NW Jakarta Datangkan Penulis Muda Sebagai Guru Tamu.

banner post atas

sinar5news.com Kamis 31 Oktober 2019, SMA NW Jakarta mendatangkan (guru) tamu ke ruang kelas. Sebuah upaya pihak sekolah untuk mengintegrasikan pembelajaran dengan seluk-beluk dunia profesionalitas.


Kegiatan ini bertitik pada topik “Proses Kreatif Menulis Cerita “, yang mendasar pada materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu teks cerita ( Novel dan Cerpen).

Peserta kegiatan yang merupakan kelas XII & XI menyambut baik kedatangan narasumber ahli yaitu Doni Ahmadi, penulis muda yang juga pengelola Anagram Publisher ( Penerbit Angram ).

Iklan

Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 9.45 hingga 12.00 WIB dengan konsep motivational seminar . Diskusi dibuka dengan pemaparan Doni mengenai pengalaman dan aktivitasnya di dunia kepenulisan, kemudian tanya jawab pun berlangsung.

Dua perwakilan siswa menjadi pemandu ( moderator) jalannya diskusi.
” Apakah untuk menulis cerita dan menerbitkannya saya harus memiliki bakat?”, tanya Sidik, salah satu peserta didik yang bertanya.

” Bakat dapat membantu. Tapi kerja keras adalah kekuatan utama setiap penulis. Saya tidak pernah tahu apakah saya berbakat atau tidak. Tapi saya hanya terus menerus menulis, dan saya gembira melakukan itu,” tukas Doni Ahmadi.

Banyak pertanyaan menghujani Doni Ahmadi. Dari teknik membangun cerita, cara mendapatkan uang dari menulis, hingga strategi yang dilakukan Doni Ahmadi agar karyanya dimuat media masa.

Pada penghujung kegiatan, Doni Ahmadi dibantu guru kelas melakukan stimulus kepada peserta didik. Para peserta didorong untuk membangun satu cerita singkat secara kolektif.

Doni Ahmadi mengawali dengan satu kalimat lantas setiap peserta didik menyumbang satu kalimat untuk melanjutkan cerita secara estafet.

” Cerita yang menarik bisanya menyajikan suatu kejutan. Dan ini sering lahir dari proses berpikir taktis, cepat dan tak terduga.

BACA JUGA  LDK Santri OSNW Jakarta Tahun 2020 Terlaksana Dengan Baik.

Untuk itu, anak-anak Anda sangat berbakat dalam melakukan ini. ” Tutur Doni kepada guru kelas, tatkala mengevaluasi cerita kolektif peserta didik yang rampung kurang dari setengah jam.
SMA NW. Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur . ( MA)