Prof H Agustitin:WISATA BATINIAH TENTANG HUBUNGAN BERCINTA DENGAN PENGUATAN IMUNITAS (DAYA TAHAN TUBUH)

Prof H Agustitin:WISATA BATINIAH TENTANG HUBUNGAN BERCINTA DENGAN PENGUATAN IMUNITAS (DAYA TAHAN TUBUH)

*Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya.*

*Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.*

*Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.*

Di tengah-tengah adanya musibah berupa penyebaran coronavirus disease (Covid-19) atau virus korona baru di berbagi negara, termasuk Indonesia, yang mengakibatkan menyebabkan timbulnya kepanikan bagi masyarakat.Pada saat yang demikian diperlukan “cinta dalam bentuk pengorbanan,empati ,perhatian, kasih sayang, dll yang dibutuhkan oleh kondisi seperti tsb.
Hal yang tak kalah penting adalah upaya pencegahan, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh .adalah dengan bercinta. Hal Ini di karenakan aktivitas gerak nilai cinta dapat menimbulkan rangsang seksual bagi yang sdh berumah tangga, pada ujungnya dapat berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali per minggu memiliki tingkat imunoglobulin A (IgA) tertinggi dalam air liur mereka. IgA adalah molekul kekebalan yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit seperti flu. Demikian dilansir dari On Health, Sabtu (7/3/2020).

Berdasarkan penelitian itu, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali per minggu memiliki IgA saliva lebih banyak daripada orang yang tidak aktif secara seksual, jarang aktif secara seksual (kurang dari sekali seminggu), atau yang sangat aktif secara seksual (tiga kali atau lebih per minggu).
Selain berhubungan seks, beberapa cara iyah dapat juga meningkatkan imunitas tubuh yakni*.

*Pertama : Kurangi stres*
Stres kronis menekan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko beberapa jenis penyakit. Stres juga meningkatkan tingkat hormon yang disebut katekolamin. Sehingga jika stres dan berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh, maka Anda lebih rentan terhadap penyakit virus pilek, flu, dan Covid-19.

*Kedua: Konsumsi antioksidan*
Antioksidan adalah senyawa dalam buah dan sayuran yang dapat melindungi Anda dari radikal bebas, yang bisa merusak DNA dan komponen sel lainnya. Buah-buahan dan sayuran dalam beragam warna memberikan campuran antioksidan sebagai pelindung terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan secara keseluruhan.

Makanlah sayuran berdaun hijau, semangka, wortel, beri, brokoli, jeruk, kiwi, blewah, dan produk berwarna cerah lainnya untuk memberi sel dan sistem kekebalan tubuh Anda. Misalnya, cobalah sup ayam buatan rumah dengan wortel, seledri, dan sayuran lainnya.

*Ketiga: Coba ramuan dan suplemen*
Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa senyawa dalam sejumlah ramuan tertentu dan suplemen, dapat meningkatkan imunitas. Misalnya, bawang putih, astragalus, ginseng, teh hijau, jintan hitam, dan licorice adalah beberapa herbal yang telah dilaporkan memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh.

*Keempa,: Olahraga secukupnya*
Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk melindungi Anda terhadap penyakit jantung, osteoporosis, bahkan jenis kanker tertentu. Olahraga juga merupakan mampu memperkuat sistem imun tubuh. Agar lebih maksimal, cobalah latihan fisik selama setidaknya 30 menit pada sebagian besar hari dalam seminggu, misalnya lima hari per minggu.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA