Prof H Agustitin: MENINGKATKAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI

0
201
banner post atas

Perbedaa koperasi dengan perusahaan keuangan (Perbankan,) , karena koperasi bekerja/ beroperasi natas dasar pada prinsip, nilai, dan norma yang telah disepakati bersama anggota dan undang undang. Anggota koperasi merupakan pemilik modal dan harus dikembabangkan, agar semua anggota dapat mmamemperolehnfaat.

Dalam mengembangkan koperasi tidak selalu berjalan lancar karena ketidaktegasan memilih strategi dalam kaitannya dengan analisis bisnisnya.

.Bagi pengurus yang menjalankan usaha koperasi dan ingin mengembangkannya, hendaknya memahami strategi bisnis ,setidaknya sepertiga di bawah ini..

Iklan

A. Lakukan penataan Kondisi Internal Koperasi

Apabila koperasi telah berjalan lama kemudian tidak atau sulit berkembang, harus dilakukan pembenahan.
Dalam melakukan pembenahan seharusnya dimulai dari dalam/ internal lembaga koperasi.
Lakukan Ceking semua kondisi internal koperasi secara detail, baik masalah operasional maupun masalah manajerial.
Apabila terdapat yang tidak berjalan sesuai sop yg telah di tetapkani, maka segera di lakukan pembenahan terhadap masalah yag terjadi ,carikan solusi yang tidak menimbulkan permasalahan baru.
Misal sulitnya menerapkan demokrasi dalam mengambil keputusan bisnis baru, sulit sekali memperoleh titik temu,disini biasa terjadi karena masing masing mempertahankan ego pribadinya.Hal inilah yang sering terjadi dalam koperasi karena menyangkut pada ketidak kedewasaan sosial.

Dalam kondisi demikian suka tidak suka harus voting untuk mengambil kebijakan dan bukan.keputusan mufakat.

B. Kebijakan PENGELOLAAN Koperasi

Kebijakan koperasi adalah penerapan sistem pengelolaan dari hasil pungutan suara yg tidak di sepakati secara bulat.
Sulitnya disini terletak pada pengurus yg tidak bersepakat , suka atau tidak harus ikut kebijakan yg diambil dan kemudian jangan sampai menghambat jalannya bisnis.

.Dalan kaitannya dengan modal usaha yang didapat berasal dari simpanan wajib dan simpanan pokok biasanya tidak mencukupi permintaan.
Dalam hal demikian para pengurus harus memutar kebijakan melakukan sharing modal dengan pihak ketiga dengan prinsip salinan menguntungkan.

Sebagai modal bersama. Pola penelolaannya harus menggunakan prinsip kehati hatian.Apabila dapat dilakukan pasti banyak membantu memperbesar untuk mengurangi ketergantungan pada modal anggota yang lebih bersifat givent, karena ciri khusus anggota koperasi adalah sulitnya menaikan simpanan dan kesadaran untuk menempatkan dana pada koperasinnya, akibatnya koperasi memperluas investasi usaha.

C *Lakukan Ekspansi Usaha*

Ketika komponen internal dalam koperasi telah diperbaiki, namun belum menemukan hasil yang maksimal, pengurus hendaknya berani mencoba melakukan ekspasi usaha baru
atau pengembangan usaha yg masih dapat berkembang untuk menambah produk yang pada ujungnya meningkatkan profit dan benefit. Koperasi juga termasuk dalam usaha keuangan, oleh karena itu juga perlu mengenalkannya pada masyarakat sehingga akan ada orang baru yang tertarik menjadi anggota. Jika anggota bertambah secara otomatis keuangan koperasi semakin banyak dan usaha semakin berkembang.

Untuk mengembangkan usaha koperasi bisa dimulai dengan mencari anggota yang kompeten. Anggota yang memiliki ilmu dan pengalaman tentang koperasi akan lebih mudah mengurus koperasi dengan baik. Selain itu, anggota tersebut juga bisa membantu anggota lain yang tidak begitu memahami koperasi. Sehingga proses perjalanan koperasi bisa berjalan dengan lancar dan tentunya bisa semakin berkembang.

Sebuah usaha bisa berjalan lancar atau tidak, tergantung dari tata kelola perusahaan tersebut, termasuk juga koperasi. Koperasi bisa berjalan dengan lancar dan berkembang jika dikelola dengan baik. Pengelolaan tugas dari masing-masing anggota dan pengelolaan keuangan dalam koperasi harus jelas dan rapi. Semua hal yang berkaitan dengan koperasi harus diatur secara jelas dan ditaati oleh semua anggota. Kalaupun ada suatu kejadian yang belum diatur sebelumnya, maka harus ada rapat musyawarah dan disetujui oleh semua anggota.

D. *Langkah Langkah Melakukan Ekspansi*
Sebagai pengurus koperasi harus mampu menjalankan bisnis dan membuat usahanya berkembang.

Agar usahanya dapat berjalan lancar dan sukses, dibutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi berbagai hal yang tidak terduga.

Pengurus juga harus memiliki skill manajerial yang mumpuni. Dibawah ini adalah langkah yang bisa di lakukan untuk mengembangkan usaha koperasi:

1. Pengorganisasian yang baik
Melakukan pengorganisasian hendaknya terencana dengan baik dapat menolong Anda dalam menyelesaikan berbagai tugas, sehingga Anda bisa memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan membuat daftar kerja atau jadwal kerja. Dengan demikian maka pengurus dapat mengevaluasi dan memastikan tidak ada tugas yang terlewatkan.

2. *Berpikir kreatif,Inovatif,produktif*

Kreativitas ,Inovatif dan produktif sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha agar dapat memenangkan kompetisi pasar. Berpikir kreatif dengan bersedia menampung ide-ide baru, terus menambah wawasan dapat pengurus sangat berguna untuk mengembangkan usaha .

3. *Menginvetarisasi berbagai hal secara menyeluruh*
Sebuah usaha hendaknya melakukan inventarisasi seluruh proses yang ada dalam usahanyanya. Data yang menyeluruh ini akan sangat menolong untuk mengamati perkembangan usaha, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengambil langkah strategi yg baru.

4. *Melakukan analisa kompetitor usaha*
Kompetisi atau persaingan memang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses usaha. Namun dengan adanya kompetisi ini, maka akan mendorong pengusaha untuk berinovasi dan membuat hal yang baru. Jangan takut untuk belajar dari kompetitor . Bisa jadi kompetitor memiliki strategi atau langkah yang bisa menginspirasi pengurus dalam melakukan usahanya.

5. Konsisten
Saat pengurus telah melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam rapat anggota secara konsisten, meskipun hal yang sederhana, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan pada kesuksesan di masa datang. Konsisten dalam berperilaku baik akan membentuk kebiasaan yang positif pula. Selain itu juga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

6. *Memahami risiko*
,Buat suatu penghitungan risiko yang tepat membuat Anda dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan memahami risiko yang mungkin terjadi, maka akan membuat Anda lebih siap menghadapinya, tentunya Anda juga sudah memiliki berbagai strategi yang siap untuk diterapkan.

7. *Fokus*
Saat membangun usaha, tidak serta merta pasti akan mendapatkan penghasilan yang besar. Ada banyak hal yang harus dikerjakan agar usaha terus tumbuh. Tetap fokus pada tujuan yg aka dapat mengelola usaha dengan baik.

8. *Pengawasan yang baik*
Masih ada hal penting lainnya yang penting perlu diperhatikan adalah pengawasan kepada terhadap usaha yg telah di lakukan. Bagian ini tidak hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, namun juga harus bisa mengedukasi dengan baik. Pengawasan yang baik akan membuat usaha dapat berjalan stabil..

Kesuksesan sebuah usaha tidak bisa didapatkan secara instan. Diperlukan kerja keras dan mental tangguh untuk mewujudkannya dan jangan hanya pandai bicara tetapi tidak mampu mengeksekusi.