PONPES NW JKT; 24 Jam Terus Beraktivitas

banner post atas

Kegiatan KBM terus barjalan tampa henti, tidak mengenal siang dan malam. Belajar dan terus belajar, mengaji dan mengkaji ilmu agama dan umum di Pesantren NW Jakarta adalah rutinitas santri setiap hari.

Mulai pukul 03:45 menit Santri sudah dibangunkan untuk melaksanakan shalat subuh bejamaah di masjid Hamzanwadi.

Sembari menanti datangnya waktu subuh, para santri mengisi kegiatan dengan shalat malam dan membaca alqur’an ditemani oleh pengasuh beserta para jamaah yang tinggal disekitar lingkungan Pesantren.

Iklan

“Assolatu khairum minan naum,” suara azdan subuh, menandakan waktu shalat subuh bejamaah sebentar lagi akan digelar.

Usai azdan dan iqomah dikumandangkan, shalat jamaah dimulai, dipimpin oleh para asatidz atau musyrif yang sudah ditunjuk dan dapat jadwal memimpin shalat subuh.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan wirid ba’da shalat secara bersama-sama, dan ditutup dengan doa pusaka (ربنا انفعنا بما علمتنا) sampai akhir.

Baru setelah itu dilanjutkan ke aktivitas ta’lim ba’da shalat subuh. Belajar membaca alqur’an, menyetor hafalan alqur’an dan ada juga yang mengkaji kitab. Kegiatan ini berlangsung sampai sekitar pukul 05:45 menit.

Setelah selesai dari ta’lim, para santri mandi untuk persiapan berangkat ke sekolah mengikuti kegiatan belajar formal.

Mulai pukul 06:45 Para santri sudah meninggalkan asrama, berangkat ke sekolah untuk mengikuti pendidikan formal di tingkat SMP dan SMA.

Di lembaga formal, mereka mempelajari ilmu agama dan ilmu umum, belajar bersama dengan siswa yang tidak mukim di Pesantren. Disini, mereka belajar ilmu kimia, fisika, biologi, MTK, PAI, Qur’an Hadits, Ke-NWan, B. Arab, Sosiologi, B. Inggris, Penjaskes, Ekonomi dan lain sebagainya dari pelajaran yang dipelajari di sekolah formal lainnya.

Disamping mempelajari pelajaran diatas, mereka juga dibekali dengan berbagai pelajaran ekskul, seperti pramuka, teater, musikal, marching band, paduan suara, dan tata rias.

BACA JUGA  Rasulullah SAW Menangis Saat Mendengar Malaikat Jibril Menjelaskan Tentang Neraka

Pendidikan formal berlangsung dari pukul 07:00 sampai pukul 14:30 menit. Setelah itu, para santri kembali pulang ke asrama untuk mempersiapkan shalat ashar.

Usai shalat ashar, kegiatan berlangsung kepada ta’lim ba’da ashar. Mengkaji berbagai disiplin ilmu ke agamaan seperti; Fiqih, akhlak, tauhid, B. Arab, ta’limul mutaallim, dan berbagi disiplin ilmu ke agamaan lainnya. Kegiatan ini barjalan sampai sekitar pukul 17:00. Baru setelah itu dilanjutkan kepada mandi dan persiapan shalat maghrib berjamaah.

Selesai pelaksanaan shalat maghrib, dilanjutkan kepada belajar kolektif mengulang dan mengerjakan tugas sekolah, beserta pengkajian kitab bagi yang tidak murajaah pelajaran sekolah, sampai masuk waktu isya’.

Masuk waktu isya’, shalat jamaah dilaksanakan bersama-sama dengan stap karyawan yang ada dibawah naungan Pesantren NW Jakarta. Baru setelah itu dilanjutkan kepada makan malam di asrama masing-masing.

Sekitar pukul 20:00 dilanjutkan kepada kegiatan pokok di Pesantren ta’lim ba’da isya’, sampai sekitar pukul 21:30. Kemudian dilanjutkan kepada tidur dan istirahat untuk persiapan shalat subuh.

Begitu seterusnya perputaran perjalanan kegiatan Pesantren berputar selama 24 jam. Dari subuh kembali ke subuh lagi. (fath)