Peringati Hari Santri Nasional, HIMMAH NW Cabang Mataram Gelar Apel Bendera

banner post atas

 

Mataram- Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) Cabang Mataram secara khusus menggelar upacara Bendera Merah Putih, Kamis 22 Oktober 2020.

Upacara tersebut dilaksanakan di Markas TGB Center dan melibatkan seluruh anggota HIMMAHN NW Komisariat di Perguruan Tinggi Se-Kota Mataram.

Iklan

Turut hadir pada pelaksanaan upacara tersebut perwakilan dari masing-masing Badan Otonom (Banom) dari PW Pemuda NW NTB, Satgas Hamzanwadi Kota Mataram, dan Plt. PD NW Kota Mataram sekaligus bertindak sebagai Pembina Upacara.

Dalam amanatnya H. Irzani selaku Pembina Upacara menyampaikan bahwa
“Momentum Hari Santri Nasional ini merupakan pengingat kepada kita semua. Bahwa, santri juga berperan aktif dalam menjaga bangsa hingga saat ini”, ungkapnya dengan penuh semangat.

Disamping itu juga Ia sedikit menukil beberapa bait Wasiat Renungan Masa karya Kyai Hamzanwadi sang pendiri Nahdlatul Wathan
“Wahai anakku yang telah mengaji
Jaga teguhlah jiwa santri
Siddiq amanah jiwa berani

Tetapi banyak melupakan diri
tidak lagi berjiwa santri
karna tertawan sambal terasi
sampai lupakan rumah sendiri”.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum HIMMAH NW Cabang Mataram saudara Ilham menyampaikan pentingnya menjiwai Hari Santri Nasional.

“Santri adalah salah satu elemen yang sangat penting di negara kita baik dulu hingga sekarang. Jasa dan peran santri perlu untuk menjadi referensi generasi saat ini, bagaimana semangat perjuangan itu harus terus terpelihara”, ungkap Ilham.

Menurut Ilham peran santri selama ini telah mampu membawa warna tersendiri bagi pendidikan di indonesia.

“Peran santri yang paling menonjol misalnya di bidang pendidikan, bagaimana mereka hadir dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa dan membawa pendidikan yang berakhlak mulia serta mempunyai etos sosial yang tinggi”, jelasnya.

BACA JUGA  Kapolres Lotim,Silaturrahmi Ke Ponpes Syafi’iyah Darul Muhsin NW Tanjung.

Peringatan hari santri nasional, lanjutnya merupakan momentum untuk merefleksikan perjuangan santri dalam mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan serta keberlanjutan masa depan bangsa. Pokok pentinya adalah mencerdaskan anak-anak bangsa yang berakhlak mulia sehingga inilah yang menjadi ciri khas dari santri indonesia, ungkapnya.

Sementara itu inisiator kegiatan Hafizul Fahmi sekaligus Ketua Komisariat UIN Mataram menyampaikan terima kasih kepada petugas upacara dan tamu undangan yang telah hadir.

“Terimakasih banyak saya sampaiakan kepada teman-teman yang bertugas dan tamu undangan semoga dengan terealisasinya upacara yang cukup sakral ini akan selalu membakar semangat kita semua”, Ungkap Fahmi.