Pembelajaran Teknologi Imformasi dan Komunikasi(TIK), SDI Nahdlatul Wathan

banner post atas

Sinar5news.com – Di zaman Era tekhnologi seperti sekarang ini, tentu menjadi keharusan bagi setiap peserta didik, memiliki kemampuan untuk menggunakan fasilitas kumputer, intenet dan tekhnologi lainnya. Sekolah Dasar Islam Nahdlatul Wathan, (SDI NW) Telah membiasakan anak didiknya untuk Praktik menggunakan komputer, agar peka terhadap kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi.

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Saatini teknologi telah digunakan pada hampir disetiap kehidupan. Pelaksanaan program suatu lembaga juga tidak dapatdilepaskan dari pemanfaatan teknologi. Pendidikan dituntut untukmenyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Keberadaan komputer di sekolah sudah menjadi suatu kebutuhan,namun yang lebih penting adalah pemanfaatan teknologi informasi tersebut.

Tujuan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum yaitu agar siswa memahami alat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate). Artinya siswa mengenal istilah-istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal. Disamping itu memahami bagaimana dan dimana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas/mengolah informasi dan bagaimana cara mengkomunikasikannya. Secara khusus, tujuan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi adalah:

Iklan

1.    Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat

2.    Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.

3.    Mengembangkan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam aspek kehidupan sehari-hari.

4.    Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, dan terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi, belajar, dan bekerjasama.

BACA JUGA  PAT Semester Genap Berbasis Online SMP NW Jakarta Berjalan Lancar Dan Sukses

5.    Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah.(bayu Sugara, S.Kom.I)