Macet Di KM 31 Arah Jakarta-Cikampek, Ini Sebabnya..

0
126
banner post atas

Sinar5news.com – Jakarta – Kemacetan arus lalu lintas terjadi di KM 31 Tol Jakarta arah Cikampek jelang pos pengecekan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan bahwa kemacetan terjadi setiap pagi karena kendaraan yang melintas harus melewati proses pengecekan(21/05)

Dilansir dari detik.com antrean memang biasa terjadi di titik tersebut. Pasalnya, pengecekan harus dilakukan agar jika ada pemudik yang bandel, kendaraannya akan diputar balik.

Iklan

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan bahwa antrean kendaraan yang terjadi di Check Poin arah Karawang disebabkan oleh masyarakat yang ingin pergi bekerja.

“Bukan mudik, itu kan masih yang kerja kan yang ke arah Karawang kan. Pagi biasanya itu, pagi itu. Setahu saya kalau pagi itu biasa itu yang ke arah Karawang di check point itu pasti ada antrean, karena memang ada pengecekan,” ucap Budi Setiyadi

Berdasarkan keteranganya, bahwa antrean Check point terjadi setiap harinya olehkendaraan pekerja lintas kota, bukan di sebabkan oleh para pemudik.

“Tiap hari juga ada antrean di situ kok. Saya pernah di situ juga pagi-pagi, saya juga pernah sampai Cikarang Utama, di pintu tol itu. Antreannya bisa sampe 1 kilometer dari check point itu.” ungkap Budi.

Budi menyampaikan, Jika ada pemudik akan langsung diminta putar balik oleh polisi yang berjaga.

“Sebagian pemudik, makanya kalau pemudik dibuang (dibelokkan) ke kiri sama polisi,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, lalu lintas kendaraan di Tol Jakarta arah Cikampek mengalami kepadatan sepanjang 1 kilometer menjelang pos pengecekan PSBB. Setelah itu, arus lalin kembali lancar.

Berdasarkan pemantauan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memastikan kepadatan terjadi jelang KM 31 Tol Jakarta arah Cikampek lantaran adanya pemeriksaan mudik dan PSBB di sekitar lokasi. Dia pun menyebut kemacetan yang terjadi sejak pukul 09.00 WIB itu juga lantaran tol elevated yang masih ditutup hingga saat ini.

“Iya ada kepadatan di KM 31 pas penyekatan, pas pos pemeriksaan di Cikarang Barat. Selain itu, tol elevated kan memang masih kita tutup, jadi semua lalu lintas lewat bawah,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.