LIMA AMALAN DI BULAN SYA’BAN

banner post atas

Tak terasa, bulan Sya’ban sudah hampir habis dan sebentar lagi masuk Ramadan.  

Di bulan ini, bisa dibilang waktunya bersiap menuju Ramadan. Tak hanya itu, ada beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan sepanjang bulan ini. 

Amalan berikut adalah :

Iklan

1. Puasa sunnah
Dalam shahih Bukhari dan Muslim, diriwayatkan bahwa Aisyah RA menceritakan:

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW puasa 1 bulan penuh kecuali pada bulan Ramadan dan aku tidak pernah melihat beliau puasa lebih banyak dalam sebulan dibanding dengan puasanya pada bulan Sya’ban.”

Selain itu, puasa sunah selama bulan ini bisa membantu tubuh mempersiapkan diri untuk menghadapi puasa Ramadan. Dengan begitu, tubuh tidak kaget dan sudah siap berpuasa sebulan penuh nantinya. 

2. Memperbanyak doa
Karena menurut riwayat, amalan manusia diangkat di bulan ini. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperbanyak doa memohon rahmat dan ampunan. 

Saat ada salah seorang sahabat yang bertanya kenapa Rasul SAW banyak berpuasa pada bulan tersebut, beliau menjawab,

Banyak orang melalaikannya antara Rajab dan Ramadan. Padahal pada bulan itu, amalan-amalan makhluk diangkat kehadirat Allah. 

Jadi, tak hanya berpuasa, namun perbanyak doa juga dianjurkan.

3. Membaca Alquran
Dalam riwayat Ibnu Rajab, Anas RA berkata, bahwa umat Muslim yang memasuki bulan Sya’ban mengambil Alquran dan membacanya. 

Ini dikatakan karena ada beberapa sahabat Nabi yang menganggap bulan ini adalah bulannya Alquran. Jadi, tak ada salahnya memperbanyak baca Alquran, setidaknya beberapa ayat setelah selesai salat. 

4. Memperbanyak salawat pada Nabi 
Bulan Sya’ban juga dikatakan sebagai bulannya Nabi Muhammad SAW. Ini dikarenakan di bulan inilah turun ayat mengenai salawat dan salam. 

Seperti yang berada dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya:

BACA JUGA  Polsek Sikur,Lakukan Penyekatan.Laksanakan Surat Edaran Bupati,Tutup Destinasi Wisata.

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. 

Bulan ini juga diyakini sebagai salah satu bulan mulia, penuh berkah, dan kebaikan. Memperbanyak salawat pun bisa jadi salah satu kebaikan yang akan dihitung sebagai amal baik. 

5. Salat malam
Ibadah lain yang sebaiknya dilakukan sepanjang bulan adalah salat malam. 

Seperti dikatakan bahwa di bulan inilah amalan-amalan diangkat ke langit. Maka tak hanya puasa dan bersawalat saja, namun lengkapi dengan salat malam juga. 

Itulah beberapa amalan baik yang bisa dilakukan sepanjang bulan Sya’ban. Jangan sampai terlewatkan, ya!