DESKRIPSI KEGIATAN PONDOK PESANTREN NAHDLATUL WATHAN JAKARTA BIDANG SOSIAL

banner post atas

Oleh : Dr. H.Muslihan Habib M.A

Pondok Pesntren Nahdlatul Wathan Jakarta merupakan salah satu dari pondok pesantren yang berada dalam naungan organisasi Nahdlatul Wathan (NW) yang didirikan oleh Maulana Syaikh Tuan Guru kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Organisasi NW memiliki ranah pergerakan dalam bidang Pendidikan, Sosial dan Dakwah Islamiyyah. Oleh sebab itu, Pondok pesantren Nhadlatul Wathan Jakarta, selain bergerak dalam bidang pendidikan, maka pesantren inipun tetap ambil bagian atau tidak pernah lepas juga pergerakannya dalam bidang sosial kemasyarakatan tersebut.

Kata sosial diartikan sebagai lawan kata individual. Dalam hal ini kata sosial memiliki pengertian sebagai sekelompok orang (group), atau suatu kolektifitas, seperti masyarakat (society) warga atau komunitas (community).· Dalam pengertian ini kata sosial berkonotasi dengan aktifitas-aktivitas masyarakat atau organisasi yang bersifat volunter, swakarsa, swadaya, yang tidak berorientasi mencari keuntungan finansial. Organisasi sosial, seperti Karang Taruna, PKK adalah organisasi yang menyelenggarakan berbagai kegiatan yang tidak mencari keuntungan yang berupa uang. Ini berbeda dengan organisasi ekonomi, seperti perusahaan, Perseroan Terbatas (PT), atau Bank yang tentunya kegiatan-kegiatannya bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi.

Iklan

Dalam arti sempit, kata sosial menyangkut sektor kesejahteraan sosial sebagai suatu bidang atau bagian dari pembangunan sosial atau kesejahteraan rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia, terutama  mereka yang dikategorikan sebagai kelompok yang tidak beruntung (disadvantaged group) dan kelompok rentan (vulnerable group). Kata sosial di sini menyangkut program-program dan atau pelayanan-pelayanan sosial untuk mengatasi masalah-masalah sosial, seperti kemiskinan, ketelantaran, ketidakberfungsian fisik dan psikis, tuna sosial dan tuna susila, kenakalan remaja, anak dan jompo terlantar.

Dalam konteks ini, dalam bidang sosial ini, tentunya Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta berupaya untuk menyejahterakan kehidupan sosial masyarakat dengan kerja-kerja sosial. Kerja-kerja sosial tersebut merupakan respons terhadap problem-problem sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah dengan mengimplementasikan konsep aktivitas sosial yang berbasis community development [pengembangan masyarakat]. 

BACA JUGA  Kapolsek Pringgasela Sosialisasi Operasi Patuh Gatarin, Kampung Sehat Dan Protokol Kesehatan Covid-19.

Berbagai bentuk aktivitas sosial yang dilakukan oleh pengurus Pondok Pesantren NW Jakarta, dalam membangun dan meningkat kualitas bidang sosial kemasyarakatan dan hal itu terus berlangsung dan menggeliat tiada henti hingga saat ini. Dan sebagai gambaran umum terhadap program kerja sebagai kasi nyata dalam bidang ini adalah membangun lembaga Panti Asuhan untuk mengasuh dan mengurus anak yatim, yatim piatu, faqir miskin dan anak-anak terlantar. Selain itu, dalam bidang sosial ini, Pondok Pesantren NW Jakarta mendirikan Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren), melakukan Bhakti Sosial, Santunan, dan lain-lainnya, seperti program penghijauan serta termasuk juga kegiatan ibadah Qurban pada hari raya `idul adha.