KERJA SAMA DAN PEDULI LINGKUNGAN KARANG TARUNA PERUMAHAN VGH 2, BEKASI

KERJA SAMA DAN PEDULI LINGKUNGAN KARANG TARUNA PERUMAHAN VGH 2, BEKASI

Oleh : Naufal Dzakwan Zakianto (Santri TPA At Tawwabin NW Bekasi)

Semangat gotong royong telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Hal ini sudah terlihat sejak dahulu kala, ketika bangsa ini belum merdeka dan berjuang bersama agar dapat mengusir penjajah dari tanah air tercinta. Semangat tersebut seakan sudah menjadi cikal bakal yang telah melekat di dalam darah bangsa ini. Dan sudah seharusnya semangat ini tidaklah pudar dimakan zaman, sebab dengan kerja sama, semua hal yang berat akan terasa ringan serta semua hal yang sulit akan menjadi mudah.

 

 

Sikap tersebut disadari oleh remaja yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Perumahan Vila Gading Harapan 2 Blok A, RT. 006/002. Sriamur, Tambung Utara, Kabupaten Bekasi. Mereka rutin menjalani serangkaian kegiatan dengan latar belakang kerja sama. Pekan kemarin tepatnya tanggal 13 September 2020, para remaja sudah mencurahkan tenaga dan waktunya dengan melakukan kegiatan positif pada ahad pagi.

Mereka membagi personel anggotanya menjadi 2 team. Team yang pertama bertugas berkeliling di seputar wilayah komplek untuk mengambil semua sampah yang berserakan disekitar rumah warga. Mereka menyisir semua sudut perumahan, mulai dari lapangan, saluran air, sampai rumah ibadah. Kemudian mereka mengumpulkannya dalam beberapa kantong atau karung yang digunakan untuk menampung semua sampah yang telah dikumpulkan. Hasilnyapun ternyata cukup banyak, dari mulai sampah plastik, daun-daun kering dan botol bekas yang dapat di daur ulang Kembali.

Ketika sampah berhasil dikumpulkan, semua personel bergabung kembali untuk memisahkan sampah yang telah di dapat. Apabila sampah tersebut berbahaya dan sangat sulit terurai secara alami, maka dibakar sampai habis. Ketika sudah selesai membereskan sampah, selanjutnya team ini kembali untuk membersihkan lingkungan sehingga suasana perumahan manjadi lebih asri dan indah.

BACA JUGA  Yatama Camp III 2019 Bersama Ponpes Anwarul Qur’an di Cikopo Cisarua Bogor
BACA JUGA  TAWA "MALAIKAT" DI MASJID

Sementara itu team kedua bertugas untuk membereskan pos ronda yang sedikit terbengkalai dan memilki masalah terutama pada atapnya. Mereka saling bekerja sama untuk mengganti triplek serta kayu yang telah lusuh dan dianggap membahayakan apabila terus dibiarkan, karena kemungkinan sewaktu waktu dapat menimpa orang yang berada di bawah tempat tersebut.

Ketika sudah selesai membereskan kayu dan triplek, selanjutnya mereka menggantinya dengan terpal untuk penutup sementara sambil menunggu kayu baru yang lebih layak dan aman. Berkat kerja sama yang solid dari para pemuda ini, masyarakat merasa sangat terbantu dan masalah lingkunganpun dapat di atasi sedikit demi sedikit.

Dari kerja keras para pemuda dalam bentuk gotong royong ini, membuat semua hal berat terasa begitu mudah, dan sikap seperti ini harus selalu kita jaga serta diwariskan kepada para generasi muda selanjutnya, demi terciptanya harmonisasi hubungan antar warga dan juga bangsa Indonesia yang lebih bersatu padu dalam semangat gotong royong bersama.

Atas nama pengurus Karang Taruna Perumahan VGH2 Blok A, menyampaikan rasa terima kasih terutama kepada Ketua RT Bapak Didik Sukardi beserta staffnya yang telah mengarahkan dan mensupport kegiatan kerja sama peduli lingkungan ini, sehingga kegiatan berjalan lancar dan sukses. Semoga kegiatan ini akan terus terlaksana secara berkesinambungan, aamiin.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA