Kades Darmasari Kukuhkan Lima Kelompok Ternak Sapi,Untuk Legalitas Formal.

Kades Darmasari Kukuhkan Lima Kelompok Ternak Sapi,Untuk Legalitas Formal.

Sinar5news.com – Lombok Timur – Acara Pengukuhan Kelompok Ternak Sapi di Desa Darmasari, Kecamatan Sikur,Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) telah berlangsung di Aulan Kantor Desa setempat yang dihadiri oleh pejabat dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lombok Timur, Camat Sikur, Kapolsek dan unsure Muspika lainnya. Kamis (13/08/2020).

Kepala Desa Darmasari Muksin,S.PdI dalam kata sambutannya mengatakan, keberadaan kelompok ternak di Desanya memang sudah ada sejak lama, namun secara legalitas pormal belum dilakukan.

“Kelompok ternak yang ada di Desa Darmasari ini,sudah lama berdiri karena semua anggota kelompok ini benar-benar berpropesi sebagai peternak. Namun kami dari pemerintah Desa punya kiat ingin agar kelompok-kelompok ini secara administrasi diakui oleh pemerintah,inilah inti dari acara pengukuhan kita hari ini,” Ungkap Muksin.

Karena diera sekarang ini beda dengan masa lalu, karena saat ini kalau kelompok itu secara administrasi dan tidak memiliki SK dan lainnya maka pemerintah tidak akan mengakui keberadaannya, walaupun kita mengetahui memang kelompok itu ada.

“Jadi inilah tujuan kita kedepan,karena pemerintah itu memiliki program pengembangan peternakan yang akan diturukan melalui kelompok-kelompok ternak. Jangan sampai kita membuat kelompok dadakan yang dibuat begitu ada program dari pemerintah,” Terangnya.

Kepala Desa yang menjabat pada periode pertamanya ini, memang memiliki inovasi-inovasi yang targetnya bagaimana masyarakatnya bekerja dengan baik dan menjemput program pemerintah secara formal. Sehingga keberadaan kelompok ternak sapi yang ada di Desanya segera untuk dilegal formalkan,agar mendapatkan pengakuan dari pemerintah.

Muksin juga menekankan kepada semua peternak sapi yang tergabung dalam kelompok ternak sapi di Desa darmasari untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kandang agar masyarakat yang ada disekeliling kandang merasa nyaman dan tidak terganggu oleh usaha peternakan tersebut.

Sementara itu pejabat dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur, mengapresiasi langkap positip dari Kepala Desa Darmasari Muksin yang memformalkan kelompok ternak sapi yang ada diwilayahnya, karena dengan terbentuknya kelompok-kelompok ternak sapi itu juga akan memudahkan pihak Dinas Peternakan untuk mengawasi kesehatan dan perkembangan ternak di Lomnok Timur.

“Kesehatan hewan kita di Lombok Timur berada dalam posisi normal, dalam artian penyakit hewan strategis itu tidak ada, yang dimaksud penyakit strategis itu adalah seperti Antrak,plu burung yang sipatnya menular.tetapi Alhamdulillah di Lombok Timur kita terbebas dari penyakit menular tersebut,sehingga daerah kita ini menjadi daerah kawasan sapi potong karena terbebas dari penyakit, dan menjadi daerah penyedia sapi bibit yang biasa dikirim kedaerah lain di Indonesia ini,” Pungkasnya.

Dalam acara pengukuhan tersebut ada lima kelompok ternak sapi yang dikukuhkan diantaranya kelompok ternak sapi Suka Seneng,Kelompok Ternak Pade Girang, Kelompok Ternak Jabal Nur, Kelompok Ingin Maju dan Kelompok Ternak Sapi Unggul Sejahtera.(Bul)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA