Kader NW menhadiri Ziarah Akbar Makam Sahabat Abbad bin Bisyr di Hadhramaut, Yaman

banner post atas

Sinar5news.com – (Hadhramaut merupakan provinsi terbesar di Republik Yaman. Tempat yang terkenal dengan keilmuan dan kerohaniannya di bandingkan provinsi lainnya di Yaman.
Salah satu keistimewaan provinsi ini adalah provinsi ini selalu dikunjungi orang dengan maksud yang amat penting, misalnya untuk mengambil berkah, berziarah kepada para aulia Allah, menuntut ilmu Agama, seperti saya sendiri yang sekarang sedang menuntut ilmu di Universitas Al-Ahgaff.

selain sohor dengan kulturnya yang sarat dengan nilai islami, negeri ini juga kondang karena kesakralan dan keindahannya. Salah satunya adalah pusara sahabat Abbad bin Bisyr yang ada di puncak gunung nan menjulang tinggi. Selain para nabi, di Hadhramaut juga terdapat beberapa makam para sahabat Rasulullah SAW. Satu Di antaranya adalah sahabat Abbad bin Bisyr, salah satu sahabat nabi yang diutus ke Yaman, tepatnya di Hadhramaut.

Abbad bin Bisyr adalah seorang sahabat yang namanya tak semasyhur seperti sahabat-sahabat nabi yang lain, tapi tentu masyhur di kalangan para penghuni langit.Ia tidak hanya termasuk di antara para ‘abid (ahli ibadah), tapi juga tergolong kalangan para pahlawan yang gagah berani dalam menegakkan kalimah Allah. Tidak hanya itu, ia juga seorang penguasa yang cakap, berbobot dan dipercaya dalam urusan harta kekayaan kaum Muslimin.
Alhamdulillah, pagi senin ( 07/09/2020) kemarin kader NW hadir dalam ziarah akbar ke makam beliau yang merupakan acara rutinan yang diadakan setiap tahunnya. Makam Abbad bin Bisyr ini berada di kawasan Qaryah Lisik, tepatnya di puncak gunung Ghurab, gunung yang menjulang tinggi di Yaman.

Iklan

Qaryah Lisik merupakan daerah pelosok yang tak tersentuh bisingnya suasana kota. Dari pusat Kota Tarim, kami hanya butuh waktu hanya setengah jam perjalanan menuju Ghurab. Di puncak gunung ini hanya terdapat satu makam saja, yaitu makam Abbad bin Bisyr. Beberapa kitab sejarah menyebut, yang menguburkan Abbad bin Bisyr di puncak gunung Ghurab ini adalah para malaikat utusan Allah SWT.

BACA JUGA  Bupati Serahkan LKPJ Tahun 2020 Ke DPRD Lotim, NTB.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya banyak selisih pendapat terkait wafatnya Abbad bin Bisyr. Satu pendapat mengatakan, beliau tutup usia di Yamamah saat membela Rasulullah SAW di perang Badar. Pendapat lain mengatakan, beliau meninggal di Yaman dalam perjalanan dakwah. Acara dimulai sekitar jam 07:30 setelah menunggu para penziarah yang datang dari berbagai tempat yang ada di Hadhramaut, Yaman.

Acara dibuka dengan pembacaan fatihah-fatihah yang dipimpin oleh salah satu dari para habaib yang datang. Dilanjutkan dengan pembacaan biografi serta sekelumit kisah tentang beliau, dilanjutkan dengan pembacaan maulid, penyampaian tausyiyah dari beberapa habaib yang datang dan di tutup oleh penyampaian dari Habib Umar bin Hafidz.
Acara berjalan dengan lancar dan tentram sampai sekitar pukul 10:00 waktu setempat, ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Habib Umar bin Hafidz. (MFI)