Hadirkan Pengusaha UMKM, Solidaritas Institute NTB Gelar Pelatihan Digital Marketing

Sinar5news.com – Mataram – Dalam rangka mengembangkan kemampuan wirausaha anak muda, lembaga Solidaritas Institute (SI) Provinsi Nusa Tenggara Barat, secara khusus menggelar Pelatihan Digital Marketing, Sabtu (31/12/2022).

Iklan

Pelatihan ini berlangsung selama sehari di Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM (Balatkop) NTB Gomong Mataram yang dihadiri oleh 55 peserta yang berasal dari mahasiswa dan pengusaha kecil dan menengah.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Dr. H. Basuki Rahman dalam pemaparan nya menjelaskan bahwa modal utama dalam memulai usaha adalah kejujuran, mandiri, optimis, tangguh, ide dan gagasan, serta kedisiplinan. Disamping itu juga harus memiliki nomor induk berwirausaha.

“Pentingnya seorang pengusaha meliki NIB (Nomor Induk Berusaha) sebab hal itu menjadi salah satu legalistas dari usaha kita, yang memudahkan kita dalam melakukan pemasaran dan menjalin kemitraan”, jelas Basuki.

Ia juga mengajak kepada peserta yang hadir agar tidak hanya cenderung pada persoalan dunia politik, namun juga harus bisa berwirausaha.

“Untuk anak muda jangan hanya fokus pada dunia politik, tapi mari kita mulai dengan bidang-bidang yang lain, seperti berwirausaha. Berwirausaha itu merupakan pintu rezeki yang paling banyak, selalu berikhtiar, tetap tangguh, optimis, mandiri dan memliki ide dan gagasan”, ujarnya.

Terakhir Basuki menjelaskan bahwa tupoksi dari bidang UMKM ada tiga diantaranya: Manajemen (Legalitas dan Sertifikasi), Permodalan dan Pemasaran, dan Kemitraan. (Man)