Bupati Lotim Miris Melihat Ketimpangan Sekolah TK di Kota Dan di Desa.

Bupati Lotim Miris Melihat Ketimpangan Sekolah TK di Kota Dan di Desa.

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Bupati Kabupaten Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menghadiri acara peresmian TK Negeri Pembina Suralaga, yang dihadiri pimpinan OPD terkait, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Bertempat di Banjar Manis Sabtu (24/09/2022).

Dalam sambutannya Bupati Sukiman menyampaikan tiga aspek penting yang dapat menentukan keberhasilan pendidikan diantaranya yang Pertama, adalah sarana dan pra sarana yang memadai. Bupati mengaku malu melihat keadaan TK Negeri yang seharusnya mendapat lebih banyak perhatian dari pemerintah. 

“Kita merehabilitasi gedung-gedung TK yang ada di kota, sementara kita jarang memperhatikan TK yang ada di desa-desa,” ungkapnya. 

Ia pun mengingatkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur agar lebih memperhatikan, serta membantu pengelolaan sekolah tersebut.

Kedua, Bupati mengingatkan agar manajemen sekolah lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kinerja sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang baik. Ia meminta pihak sekolah, komite, dan guru bekerja sama dengan baik. 

“Jika guru bagus, kepala sekolah dan komitenya mendukung, inshaallah semuanya dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Ia juga menyebut sebuah sekolah akan diminati jika sekolah, guru, dan sarana mendukung.

Bupati menyebut yang ketiga adalah kualitas anak didiknya, untuk itu Bupati berpesan kepada para wali murid untuk memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anaknya.

“InsyaAllah kita akan perbaiki sekolah, tetapi para guru serta orang tua harus kompak menjadikan anak-anak kita ini menjadi cerdas, baik budi pekerti dengan demikian tujuan pendidikan bisa tercapai,” harapnya.

Terakhir Bupati berpesan agar guru ada interaksi dalam proses belajar mengajar. Guru diharapkan dapat memberikan ruang bagi siswa untuk berbicara. Ia menyebut trik tersebut merupakan cara belajar siswa aktif, “menumbuhkan anak-anak yang berani bicara dan diskusi itu disebut belajar merdeka,” pungkasnya.

Sebagai bentuk perhatian Bupati terhadap TK Negeri Suralaga memberikan dana bantuan Rp. 15 juta untuk melengkapi sarana pendidikan di sekolah tersebut.(red)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA