Beragam Kesehatan Buah Pisang Bagi Tubuh.

Beragam Kesehatan Buah Pisang Bagi Tubuh.

Buah pisang ini kaya akan vitamin dan manfaatnya yang banyak. Selain itu buahnya juga nikmat dan mudah untuk dikonsumsi bagi semua kalangan.

Buah pisang ini juga memiliki harga yang terjangkau dan tidak bikin kering dompet. Jadi untuk hal kesehatan, apa sih yang bikin mikir lama-lama kalau ada buah seribu manfaat untuk kesehatan ini dan murah untuk dibeli.

Apa aja sih manfaat buah satu ini bagi kesehatan tubuh? Yuk simak artikelnya.

1. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung.

Buah pisang kaya akan pottasium (kalium) ini dapat menjaga jantung dan juga menjaga tekanan darah berada dalam kondisi yang stabil.

Selain itu menurut beberapa penelitian, asupan kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g perhari dapat menurunkan 26 persen resiko terkenanya penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah pisang yang banyak mengandung pottasium ini juga dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kalium yang cukup , kita dapat menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penyakit gagal ginjal.

Bahkan suatu penelitian pun menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi pisang 4-6 kali dalam seminggu dapat menurunkan 50 persen resiko terkenanya penyakit ginjal.

3. Menjaga Saluran Pencernaan.

Serat tinggi yang dimiliki buah pisang dapat membantu memperlancar saluran pencernaan.

Buah pisang juga mengandung pati resisten dan pektin, merupakan prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik, sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada saluran usus.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker.

Vitamin c yang terdapat pada buah pisang dapat menangkal pembentukan radikal bebas. Seperti yang bisa kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan penyebab penyakit kanker.

BACA JUGA  M.Zulmajdi,SH Edukasi Warga Tentang Protokol Kesehatan Covid-19.

Selain vitamin c, buah pisang juga mengandung serat yang dapat mencegah kanker kolorekterum. Kanker kolorekterum adalah kanker yang berkembang dari sel-sel usus besar.

BACA JUGA  Nikmat Dalam Sakit

5. Menjaga Kesehatan Mata.

Seperti halnya buah-buahan lainnya, buah pisang juga mengandung antioksidan dan karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Seperti yang memiliki keluhan katarak, rabun senja dan glaukoma dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah pisang yang cukup.

6. Memelihara Kesehatan Kulit.

Nah untuk manfaat yang satu ini pasti sangat cocok buat para wanita . Kandungan piridoksin atau pyridoxin (Vitamin B6) yang tinggi pada buah pisang juga dapat menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti ketombe, jerawat dan kulit kering.

Jadi gimana? Banyak kan manfaatnya? Tunggu apalagi yuk kita jaga kesehatan kita dengan banyak mengkonsumsi buah demi kesehatan tubuh. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati .

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA