SMA NW JKT; Akhirnya TO DKI Selesai Juga.

banner post atas

Setelah genap hari keempat dari pelaksanaan TO DKI se-jakarta yang dimulai dari hari senin, 27/1/20, akhirnya pada hari ini kamis, 30/1/20, menjadi hari terakhir dari pelaksanaannya.

TO DKI hari ini adalah TO yang kedua, setelah sebelumnya telah dilaksanakan TO DKI juga. Cuman, bedanya kalau TO DKI yang pertama diikuti oleh SMA Se-jakarta Timur. Sedangkan TO DKI hari ini diikuti oleh seluruh SMA Se-DKI.

Try Out atau sering disingkat dengan TO dimulai dari hari senin tanggal 27 sampai hari ini kamis, 30/1/20 diikuti oleh 41 siswa. 23 dari jurusan IPS dan sisanya 18 siswa dari jurusan IPA.

Iklan

Suksesnya pelaksanaan TO hari ini tidak terlepas dari kesigapan dan keagresipan dari bpk proktor dan Bpk. teknisi yang menggawangi TO.

Pagi-pagi sekitar pukul 06:30 mereka sudah berada di ruang lab komputer untuk mempersiapkan segala hal yang terkait dengan TO. Mulai dari mempersiapkan komputer siap pakai, mengapload soal dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana pelaksanaan TO DKI tahun ini?

Dalam pelaksanaannya, satu hari diujikan satu pelajaran. Tiga hari untuk pelajaran pokok, dimulai dari Hari senin sampai rabu, dan sisanya hari kamis ujian terakhir pelajaran penjurusan. Dan Peserta dibagi kepada dua sesi. Sesi satu untuk jurusan IPA, dimulai dari pukul 08:00 sampai pukul 09:30. Sedangkan sesi dua untuk jurusan IPS, dimulai dari pukul 10:30 sampai pukul 12:00.

Adapun yang termasuk dari pelajaran pokok adalah B. Indonesia, B. Inggris, MTK. Sedangkan yang termasuk pelajaran pilihan/penjurusan adalah seperti kimia, fisika, dan biologi untuk kelas IPA. Geografi, sosiologi dan ekonomi untuk kelas IPS, dengan pelajaran B. Indonesia hari senin, B. Inggris hari selasa, MTK Hari Rabu, dan pelajaran pilihan/penjurusan pada hari kamis, dengan jumlah butir soal mulai dari 35 sampai 50 soal.

BACA JUGA  Pra Perkanas-II: Dari Hiziban Sampai Kesenian

Secara umum, TO DKI dari hari pertama sampai hari terakhir berjalan dengan lancar tampa ada kendala dan hambatan, baik itu dari segi tekhnis pelaksanaan dan lain-lainnya, semua berjalan dengan baik. Begitulah penjelasan dari Bpk. Hifzon selaku proktor TO SMA Nahdlatul Wathan Jakarta.

Meskipun pelaksanaannya lancar, tapi bagi saya TO DKI hari ini tetap menguras fikiran. Pasalnya, soal-soal yang tersaji begitu banyak, dan materinya lumayan berat. Sekarang rasanya plong, karena beban sudah hilang. Harapan saya di TO berikutnya lebih mudah dalam menjawab soal dan mendapatkan nilai yang lebih baik dari ini. Terang aswir salah satu pelajar kls Xll IPA SMA NW Jakarta. Fath.