MUTIARA HIKMAH (15) SMP NW JAKARTA DAN KREATIVITAS SENI Oleh : Abu Akrom

banner post atas

Salah satu SMP yang terletak di ibu kota DKI Jakarta, yaitu SMP Nahdlatul Wathan Jakarta atau biasa disingkat SMP NW Jakarta yang lokasinya terletak di Kp. Pisangan I RT. 001/003, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. SMP NW Jakarta berdiri tanggal 17 Agustus 1996. Dari sejak berdirinya sampai saat ini terus mengalami kemajuan, baik dari segi jumlah murid maupun kualitas pembelajaran di dalamnya.

Keunggulan sistem pembelajaran yang diterapkan di SMP NW Jakarta yang berbasis pesantren ini, tidak hanya mengutamakan yang bersifat akademik (akal berupa teori), juga yang bersifat non akademik (praktik secara langsung). Untuk pembelajaran yang bersifat non akademik ini mendapatkan porsi yang cukup seimbang, seperti membuat berbagai kreatifitas seni yang mengandalkan kekuatan imajinasi sehingga melahirkan ide-ide/gagasan dan inovasi yang cemerlang.

Iklan

Salah seorang guru pelajaran Seni Budaya SMP NW Jakarta, Ibu Arvyanti Martya, S.Pd menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pengembangan kreatifitas dalam bidang seni, khususnya seni ragam hias dan seni melukis. Melalui bimbingan beliau, banyak sekali peserta didik yang berhasil menunjukkan karya terbaik yang indah lagi memesona.

Untuk seni ragam hias yaitu menghias benda-benda polos dengan berbagai hiasan yang dikehendaki. Demikian juga seni melukis, bentuknya beragam ada yang di kain dan ada juga yang di kayu. Untuk lukisan yang telah dipraktikkan diantaranya bertema aktifitas dan alam lingkungan DKI Jakarta dan sekitarnya. Tehnik pengerjaan melukis diantaranya menggunakan aliran realisme, naturalisme dan abstraksionisme. Cat yang dipakai adalah akrilik yaitu cat yang bisa dicampur air dengan minyak cat. Keuntungan dari cat ini tdak saja bisa dipakai di kayu juga bisa di kulit, kertas dan kain.

BACA JUGA  Bupati Apresiasi Program “Lotim Cerdas” BAZNAS Lombok Timur. Bantu Guru Honor Non Sertifikasi.

Tujuan pokok diadakan kreatifitas seni ragam hias yaitu meningkatkan kecintaan terhadap estetika suatu barang sehingga barang itu memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Juga memberi nilai filosofi untuk menggali nilai kebudayaan bangsa sendiri, sehingga anak-anak semakin cinta kepada kebudayaan, bukan hanya membeli tapi berusaha untuk berkarya, mencintai produk sendiri dan menghargai karya orang lain.

Sedang tujuan diadakan seni melukis yaitu meningkatkan imajinasi anak kepada kreatifitas dan inovasinya supaya anak bisa lebih berkembang, lebih kreatif baik itu dari segi akhlak, pemikiran dan kepribadian anak, karena ini akan muncul dari kreatifitas mereka berkarya dan menuangkan ide-ide krearifitasnya.

Harapan dari Ibu Arviyanti Martya adalah semoga semua karya yang telah ditunjukkan, akan semakin mencintai dan menghargai budaya bangsa, tidak lagi melecehkan kebudayaan yang ada dan semakin mencintai kebudayaan orang.

Bagi para orang tua yang menginginkan putra putrinya menjadi insan yang shaleh, cerdas dan penuh dengan kreativitas, silahkan segera mendapftakan diri di sekretariat perguruan Yasyasan Pendidikan Mi’rajush Shibyan NW Jakarta setiap hari kerja.

Bekasi, 22 Rajab 1441 H/17 Maret 2020 M