asd

Menjaga Kesehatan Mental Dimasa Pandemik Dengan Berolahraga

Menjaga Kesehatan Mental Dimasa Pandemik Dengan Berolahraga

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan, terutama di Indonesia. Setiap orang harus mampu berpikir dan bertindak cepat untuk beradaptasi, menghadapi situasi pandemik seperti ini. Wabah Covid-19 telah dinyatakan dalam keadaan darurat dunia. pendemik ini menghambat semua aktivitas manusia sehari-hari. Hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang.

Kesehatan mental ialah hal yang sangat penting. Kesehatan mental juga salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan fisik kita, kesehatan mental adalah keharmonisan antara fungsi-fungsi jiwa. Untuk mengukur kesehatan mental sendiri tidaklah mudah, tidak seperti mendeteksi penyakit pada biasanya. Terganggunya kesehatan mental sering kali sangat jarang disadari oleh orang-orang dan kesehatan mental yang terganggu bisa menimbulkan akibat yang fatal. Oleh karena itu baiknya bagi kita untuk senantiasamenjaga kesehatan mental agar tetap stabil. Mengapa, dengan menjaga kesehatan mental kita dapat meningkatkan kepercayaan diri dan perasaan positif serta menghindari stres di diri kita yang mana akan memengaruhi kinerja kita sehari-hari terutama pada masa pandemi yang sedang berlangsung sekarang.

Olahraga dapat menjaga kesehatan mental seseorang untuk terhindar dari stres, pada masa pandemik Covid-19 karena kurang olahraga masyarakat yang cenderung menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, menggunakan handphone, dan bermain game, sehingga berisiko mengalami gangguan Kesehatan mental. Berdasarkan hasil penelitian juga membuktikan bahwa olahraga dapat mencegah gangguan Kesehatan mental yang dialami oleh Sebagian orang.

Olahraga dapat membantu mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pemrosesan informasi dan memori, serta pemecahan masalah. Hal ini jadi solusi dari masalah stres yang dicirikan dengan absennya kemampuan yang berhubungan dengan pikiran atau ingatan untuk memproses masalah dengan kepala jernih. Selain mencegah gangguan kesehatan mental, ternyata olahraga juga dapat menjadi terapi tambahan memulihkan orang yang sudah menderita gangguan kesehatan mental. Oleh karena itu sebagian orang memilih olahraga untuk meredahkan tingkata kestreesannya dengan berolahraga.

Apa saja olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga Kesehatan mental

Olahraga yang dapat menjaga kesehatan mental dapat dilakukan didalam ruangan maupun diruangan yang terbuka, olaharaga yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti jalan cepat di sekitar rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit sebanyak 3 kali sehari, menari, lompat tali, atau berolahraga dengan menggunakan mesin kardio, jika memilikinya sedangakn untuk olahraga diluar ruangan dapat dilakukan dengan bersepeda dan Berolahraga dengan melatih kekuatan juga dapat dilakukan dengan mendownload aplikasi yang dapat menjadi panduan untuk melakukan latihan kekuatan dan melakukan yoga.

Lalu bagaimana cara agar aman melakukan Olahraga pada masa pendemik Covid-19. Masker wajib dipakai jika berolahraga di tempat umum untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko penularan Covid-19. Masker bisa dilepas sejenak jika berada di tempat yang sepi supaya tubuh mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan, seringlah mencuci tangan dengan sabun dari air yang mengalir atau membawa hand sanitizer selama melakukan kegiatan olahraga di luar rumah, Sebisa mungkin cari tempat berolahraga yang tidak terlalu ramai untuk berolahraga di luar rumah. Bagaimanapun, ini dapat meminimalisir potensi tertular Covid-19 Akan tetapi, jika olahraga dilakukan bersama orang lain atau di tempat umum, tetap menjaga jarak, dan hindari.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA