MADRASAH DINIYAH ISLAMIYAH AL ITTIHAD NW SIKUR DARI MASA KE MASA

banner post atas

Salah satu madrasah yang melegenda adalah Madrasah Diniyah Islamiyah Al Ittihad NW Sikur yang beralamat di Dasa Luah, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, LombokTimur, NTB. Madrasah ini berdiri tahun 1968 dan diresmikan langsung penggunaannya oleh Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid, pahlawan nasional dan pendiri organisasi NWDI, NBDI dan NW.

Dari awal berdirinya madrasah ini diperuntukkan hanya untuk belajar agama, sehingga banyak anak-anak remaja dan kaula muda belajar menimba ilmu agama. Bahkan Maulana Syaikh sendiri secara aktif sekali sebulan datang mengisi pengajian umum di madrasah ini. Sementara untuk pengajian umum sekali seminggu diisi oleh TGH. Zainal Abidin setiap Ahad pagi. Jamaah yang hadir selalu banyak mendengarkan pengajian tersebut. Mereka merasakan banyak manfaat yang didapatkan, diantaranya memperkokoh keimanan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Iklan

Seiring makin pesatnya santri yang belajar, maka pada tahun 1976 dibukalah sekolah formal setingkat SMP dengan nama Madrasah Tsanawiyah NW Sikur. Karena terbatasnya ruang dan makin banyaknya yang mendaftar dari tahun ketahun, sehingga menyebabkan tidak tertampungnya murid yang belajar. Maka pada tahun 1982 dipindahkan lokasinya ke tempat yang lebih luas yaitu di dekat lapangan sepak bola Sikur sampai saat ini.

Bp. Syamsiah, S.Pd, guru Al Quran Madrasah Diniyah Islamiyah Al Ittihad NW Sikur

Walaupun madrasah ini tidak berstatus sebagai madrasah tsanawiyah, tetapi kegiatan pengajian Al Quran tetap berjalan sampai saat ini. Dan guru yang masih eksis mengajar Al Quran adalah Bapak Syamsiah, S.Pd. Untuk diketahui beliau adalah salah satu alumni madrasah NW Sikur tahun 1974.

Pada waktu media Sinar5News.com melakukan wawancara, Pak Syamsiah merasakan suatu kenikmatan dan keberkahan dari hasil mengajar Al Quran di Madrasah Al Ittihad. Berapapun yang datang mengaji, beliau tetap istiqamah berbagi ilmu kepada murid-muridnya. Harapannya, “Semoga ini menjadi amal terbaik yang dihitung sebagai pahala jariyah yang saya dapatkan di akhirat nanti”. Demikian doanya yang sangat mulia.

BACA JUGA  KEUNGGULAN PASKIBRA SMP NW JAKARTA

Kalau melihat hasil produk dari madrasah Diniyah Islamiyah Al Ittihad NW Sikur ini, banyak sekali ustadz dan tokoh agama yang dilahirkan, diantaranya Ust. Sahman, Ust. Ahmad Rifa’i dan lain-lain.

Keberhasilan madrasah Diniyah Islamiyah Al Ittihad NW Sikur mencetak kader-kader guru agama, tak lepas dari jasa-jasa besar para pembinanya waktu itu yaitu TGH. Ahmad Adnan, Ust. H. Hamzah Nafis, Ust. H. Abdul Wahhab, SQ dan Ust. Abdul Muin.

Semoga Madrasah Diniyah Islamiyah Al Ittihad NW Sikur terus eksis menyebarkan ilmu agama di tengah-tengah masayarakat. Aamiin (Amr)

Bekasi, 8 Jumadil Akhir 1441 H/2 Februari 2020 M