KHIDMATNYA UPACARA HARI GURU KE 74 DI SEKOLAH LABORATORIUM JAKARTA

banner post atas

Hari ini, Senin (25/11/2019) adalah hari istimewa untuk semua guru di seluruh Indonesia, karena merupakan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) secara nasional yang ke 74.

Sungguh inilah momen yang paling membahagiakan bagi semua guru. Salah satu wujud rasa bahagia itu, semua guru mengadakan upacara peringatan hari guru di lapangan/halaman sekolah. Tidak ketinggalan juga, pagi ini tepat pukul 07.30 WIB, semua guru, karyawan dan peserta didik TK, SD, SMP dan SMA Laboratorium Jakarta mengadakan upacara memperingati hari guru yang berlangsung sangat khidmat, tertib dan rapi.

Iklan

Biasanya setiap hari Senin yang bertugas dalam kegiatan upacara bendera adalah para peserta didik. Kali ini tugas tersebut diambil alih oleh semua guru, mulai dari pemimpin upacara, pengibar bendera, pembacaan teks UUD 1945 dan pembacaan doa. Semua itu dilakukan karena ada rasa syukur, bahagia dan bangga sebagai guru, dimana selama ini telah berupaya dengan setulus-tulusnya memberi yang terbaik untuk peserta didik.

Guru-guru yang bertugas sebagai petugas upacara ini disamping bertepatan dengan peringatan hari guru nasional, juga menjadi ajang memberi contoh terbaik kepada seluruh peserta didik, bagaimana seorang petugas upacara menjalankan tugasnya dengan baik, serius, fokus dan penuh tanggung jawab. Tentu bagi peserta didik yang pandai mengambil i’tibar (pembelajaran) dari kegiatan ini, merasa mendapatkan manfaat yang sangat berharga, sebagai tambahan ilmu untuk diterapkan dalam kegiatan upacara-upacara selanjutnya.

Yang bertugas sebagai Pembina upacara adalah ketua sekaligus Pembina Yayasan Pendidikan Acprilesma Prof. Dr. H. Agustitin Styobudi, MM, Ph.D. Kesimpulan dari amanat beliau adalah betapa mulianya hati seorang guru, tidak mengenal rasa lelah terus berbagi ilmu, mendidik dan membimbing dengan tulus dan penuh cinta. Kalau seandainya ada guru yang marah karena sikap peserta didik yang kurang baik, sesungguhnya itu adalah tanda sayang dan sedikitpun guru tidak ada rasa dendam dalam hatinya.

BACA JUGA  TOK TOK TOK dan SAH.., KH. Nursaid Anwar Terpilih sebagai Ketua PD NWDI Jakarta Timur

Oleh karena itu melalui tulisan ini kami berpesan, “Wahai para peserta didik TK, SD, SMP dan SMA Laboratorium Jakarta, hormatilah semua gurumu, berbaktilah, jagalah sikap sopan dan santunmu dihadapannya, janganlah berlaku kasar, membangkang dan menyakiti hatinya, niscaya Allah akan memberikanmu ilmu yang bermanfaat penuh berkah meliputi hidupmu hingga ajalmu tiba”.

Selanjutnaya upacara ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ust. Andri Saputra, SHI, MM (Guru Agama SD Laboratorium Jakarta). Dalam doa tersebut dimohonkan agar Allah selalu memberi kesehatan, keberkahan dan kemuliaan kepada semua guru di TK, SD, SMP dan SMA Laboratorium Jakarta. Sungguh doa ini amat menyentuh hati para guru dan seluruh peserta didik yang mengaminkannya. Semoga doa ini menjadi gizi dan vitamin terbaik kepada semua guru agar tetap bersemangat mengajar, mendidik dan membimbing para peserta didik di Yayasan Pendidikan Acprilesma. Aamin.

Setelah upacara ini selesai seluruh peserta didik secara tertib bersalaman mencium tangan setiap guru sembari mengucapkan kata-kata indah yaitu “Selamat hari guru yang ke 74 ya Bapak dan Ibu guru”. Sungguh ucapan selamat yang keluar dari bibir setiap peserta didik sangat menyentuh hati sanubari semua guru, terharu dan bahagia melihat wajah mereka yang penuh dengan senyum, cerah dan ceria. (Amr)

Jakarta, 28 Rabiul Aawal 1441 H/25 November 2019 M