KEGIATAN FIELD TRIP SMP NW JAKARTA DI MUSIUM GEOLOGI DAN SRI BADUGA, BANDUNG

banner post atas

Salah satu kegiatan tahunan SMP Nahdlatul Wathan Jakarta yang rutin dilaksanakan adalah field trip (study tour). Tahun ini kegiatan field trip dilaksanakan di musium Geologi dan Sri Baduga, Bandung, Jawa Barat.

Hari ini Kamis, 23 Januari 2019 pukul 07.00 berangkat dari Jakarta menuju musium Geologi dan Sri Baduga dengan menggunakan tiga bus Pariwisata Marita. Sampai di musium pukul 10.00 langsung dipersiapkan dengan berkumpul secara rapi di depan musium untuk mendapatkan arahan dari kepala SMP NW Jakarta, Ust. Drs. Badri HS, QH, M.Pd.

Iklan

Isi pengarahannya disampaikan, agar seluruh peserta didik benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan maksimal. “Belajar itu tidak mesti lewat buku, disini kalian bisa belajar secara langsung mengenai berbagai macam benda alam seperti bebatuan, pegunungan, proses gunung meletus, minyak, air dan lain-lain. Dan juga kalian bisa mengamati berbagai budaya dan adat istiadat peninggalan nenek moyang jaman dulu”, pungkasnya.

Setelah pengarahan selesai, semua guru mengarahkan seluruh peserta didik untuk masuk kedalam musium Geologi dan Sri Baduga secara tertib.

Berdasarkan pantauan Sinar5News.com, seluruh peserta didik terlihat sangat semangat mengamati dan mencatat seluruh benda yang dilihat. Bagi mereka pengalaman pembelajaran seperti ini adalah pembelajaran yang sangat menarik, karena dapat melihat secara langsung benda-benda alam dan peninggalan-peninggalan nenek moyang berupa batu arca, peralatan makanan, peralatan musik gamelan, wayang kulit, pakaian adat pengantin, kerajinan tangan, tulisan-tulisan manuskrip Al Quran, tulisan sejarah dalam bahasa sunda/jawa dan masih banyak lagi.

Semua hasil pengamatan ini akan segera dikumpulkan untuk menjadi nilai tugas pelajaran IPS dan Seni Budaya. Untuk pelajaran IPS tugas-tugas dikumpulkan di Ibu Naningsih, S.Pd dan pelajaran Seni Budaya dikumpulkan di Ibu Arvyanti Martya, S.Pd.

BACA JUGA  Bupati Ultimatum Kepala Sekolah Terapkan Prokes, Jika Sekolah Tidak Mau Di Tutup Lagi.

Setelah pengamatan selesai diadakan foto bersama di depan musium, sebagai dokumentasi penting untuk dijadikan arsip sekolah.

Semoga kegiatan field trip ini membawa manfaat yang besar bagi seluruh peserta didik, demi menyonsong masa depan yang cermerlang. Aamiin (Amr)

Bandung, 27 Jumadil Awwal.1441 H/23 Januari 2020 M