Hadir di Ponpes Al Kamal NWDI, Penampilan Kampung Dongeng Hipnotis Para Santri

Hadir di Ponpes Al Kamal NWDI, Penampilan Kampung Dongeng Hipnotis Para Santri

Sinar5news.com – Lombok Barat – Untuk pertama kalinya Pondok Pesantren Al Kamal NWDI Narmada Lombok Barat menghadirkan Kampung Dongeng Kota Mataram untuk berbagi kisah bersama para santri dan santriwati.

Kehadiran Kak Fadli yang merupakan pimpinan Kampung Dongeng Kota Mataram tersebut disambut antusias oleh para santri Al Kamal yang sejak awal menanti kehadirannya.

Kak Fadli yang sejak awal dinantikan kejadirannya oleh para santri, langsung menghibur dengan tingkah lucunya yang nyentrik dan suara khasnya yang membuat para santri tertawa bahagia.

Pada kesempatan tersebut, pria lulusan IKIP Mataram ini menuturkan kisah tentang “Seekor Unta Menyelamatkan Sang Rasul”. Kisah tersebut ia ambil dari sejarah hidup Nabi Muhammad SAW atau yang lebih dikenal dengan istilah “Sirah Nabawiyah”.

Peserta yang hadir yang terdiri dari santri putra dan putri Al Kamal ini begitu serius menyimak setiap kalimat demi kalimat yang terucap olehnya. Sesekali mereka tidak bisa menahan tertawa menyaksikan tingkah lucunya mewarnai jalannya alur cerita.

Usai menyampaikan kisah dihadapan para santri, pria yang memiliki nama lengkap Ahmad Fadli ini berharap kegiatan berbagi kisah (mendongeng) seperti itu bisa dihidupkan di lingkungan pondok pesantren.

“kegiatan berbagi kisah (mendongeng) ini sebenarnya salah satu instrumen pembelajaran yang bagus dan menyenangkan bagi peserta didik, karena disajikan dengan penuh keceriaan, bagus jika hal ini dihidupkan di lingkungan pondok pesantren”, ungkap Fadli usai tampil.

Menurutnya, kemampuan bertutur kisah ataupun mendongeng tidaklah mudah, apalagi dibarengi dengan tingkah lucu yang membuat peserta didik tertawa dan tersenyum bahagia.

“Banyak yang pandai jadi MC, Moderator dan bahkan Orator ulung namun belum tentu pandai dalam bertutur kisah dan mendongeng dihadapan anak didik”, ujarnya.

Iapun berharap terhadap para pendidik, baik di sekolah umum maupun di lingkungan pondok pesantren dan madrasah agar memahami betul bahwa proses pembelajaran itu harus disajikan dengan cara menyenangkan dan membahagiakan.

“proses pembelajaran di sekolah itu tidak boleh kaku dan menyeramkan tapi dia harus disuguhkan dengan keceriaan, kegembiraan dan menyenangkan, karena itulah yang dibutuhkan oleh anak didik sebenarnya”, jelas Fadli.

Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren Al Kamal NWDI TGH. Alkiya Alhirosy menyambut baik kehadiran Kampung Dongeng Mataram yang telah berbagi kisah dan keceriaan bersama para santrinya.

“menurut saya ini merupakan hal yang positif yang harus diapresiasi, saya juga menyimak dan ikut menikmati kisah yang ditampilkan tadi oleh Ustaz Fadli, karena menurut saya pola penyampaianya menarik, karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan membahagiakan bagi santri”, ujar Alkiya.

“insyaAllah kegiatan seperti ini kita akan rutinkan”, tutupnya. (Man)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA