Fihiruddin : Tahapan Pilkades Sikur Barat,Berjalan Aman. Daftar Pemilih Untuk Sementara 1.970 Orang.

Foto : Fihiruddin (Ketua Pemilihan Kepala Desa Sikur Barat, Lotim-NTB)
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Fihiruddin mengatak pelaksanaan tahapan Pilkades Desa Sikur Barat, berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan atau sanggahan dari Masyarakat terhadap tahapan-tahapan yang telah dilakukan.

“Alhamdulillah tahapan Pilkades Desa Sikur Barat berjalan sesuai dengan rencana, dan tahapan kita yang kemaren adalah penetapan nomor urut calon pada tanggal 30 Mei 2021 kemaren. Dimana di Desa Sikur Barat ini ada tiga calon, dengan hasil No.1 Zulfakaruddi, No.2 Lalu Ahnap Junaidi. No.3 Marsuin,” ungkap Fihiruddin di Sekertariat Pilkades Desa Sikur Barat. Rabu (23/06/2021).

Fihiruddin juga menambahkan Desa Sikur Barat, merupakan satu-satunya Desa yang menerima calon Kepala Desa dari luar Desanya sendiri, dan itu dibolehkan sesuai dengan Peraturan Bupati yang mengatakan setiap warga Negara Indonesia boleh ikut mendaftar jadi calon Kepala Desa, selama mendapat dukungan 5% dari jumlah DPS.

Iklan

Terkait dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), menurut Fihiruddin sudah ditetapkan sejak 2 Juni 2021 kemaren, dimana jumlah pemilih di Desa Sikur Barat sebanyak 1.970 orang pemilih.

“Namun setelah kami tetapkan, kami koordinasi dengan Kepala Wilayah (Kadus-red) dan Ketua-ketua RT, ada beberapa masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih, dan masyarakat yang belum masuk ini adalah masyarakat yang pindah datang karena kawin dan lainnya. Karena belum memiliki dokumen kependudukan maka kami arahkan untuk segera mengurus surat pindahnya,”ungkap Fihir.

Dikatakannya anjuran itu disampaikan agar penduduk yang datang karena perkawinan untuk segera mengurus dokumen kependudukannya sebagai syarat untuk dapat masuk dalam daftar Pemilih Tambahan yang masih dibuka kesempatannya hingga 20 Juli 2021 mendatang.

BACA JUGA  Koptu Catur, Tiap Hari Matahari Singosaren Plaza Tak Luput Dari Sidak Penerapan Edukasi PPKM

“Sesuai dengan tahapan yang ditetapkan oleh Kabupaten bahwa penetapan dari hasil Daftar Pemilih Tambahan yakni tanggal 21 Juli, sehingga kami dari Panitia pilkades memberikan ruang kepada masyarakat yang belum terdata untuk menyerahkan dokumen kependudukannya hingga tanggal 20 Juli, sehingga kami perkirakan jumlah pemilih di Desa Sikur Barat ini, mungkin diatas 2.000 orang,”tegasnya.

Sementara itu terkait dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Pilkades Sikur Barat, Fihiruddin mengatakan, Prokes menjadi atensi yang utama dalam mencegah penyebaran Covid-19, sehingga dalam surat undangan memilih yang akan diterima oleh masyarakat,sudah dicantumkan jam memilihnya.

“Prokes Covid-19 sangat kami atensi, sehingga untuk menghindari kerumunan masyarakat saat memberikan suaranya, kami atur dengan menentukan jam kedatangannya, sehingga masyarakat tidak bisa datang semuanya pada jam yang sama. Tetapi mereka akan datang bergiliran sesuai dengan jam yang tertera dalam surat undangan untuk memilih,” terangnya.

Kami juga akan melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di areal Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebelum dilakukan pemilihan, untuk menjamin bahwa Lokasi TPS aman dari Covid-19.

“Panitia juga akan menyiapkan Tempat Cuci Tangan, Masker, Handsanitaiser,dan tetap menjaga jarak, bagi pemilih dimasing-masing TPS. Petugas TPS diwajibkan memakai APD lengkap. Bagi masyarakat yang mungkin lupa membawa masker, kami dari panitia akan menyiapkan masker secara gratis,”pungkasnya.(Bul)