Dinas PMPTSP Lotim, Untuk Sementara Masuk 5 Besar Ajang PTSP Award 2021. Kementerian Investasi dan BKPM RI.

Foto : Muksin,S.Km,M.M (Kadis PMPTSP Lotim-NTB).
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) mewakili Provinsi NTB dalam ajang PTSP Award 2021 setelah berahsil menyisihkan 9 Kabupaten Kota dalam penilaian oleh Dinas Penanaman Modal dan Investasi NTB dengan nilai 95.

Foto : H.M.Sukiman Azmy (Bupati Lotim – NTB)

PTSP Award 2021 merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Investasi BKPM Republik Indonesia, dengan melibatkan 513 Kabupaten/kota/Kota Administratif, pada 34 Provinsi  seluruh Indonesia yang penilaiannya secara online sejak tanggal 28 April hingga 27 Mei 2021 dan dilakukan penilaian mandiri.

Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy, menyambut tim penilai kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Award dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) yang diselenggarakan Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, di Aula Dinas PMPTSP di Selong Lotim, Rabu,(9/6/2021).

Iklan

Dalam pidato penyambutannya Bupati mengakui jika dibandingkan dengan DPMPTSP Kabupaten lain yang sudah ia kunjungi, seperti DPMPTSP Kabupaten Jember, Banyuwangi dan Bogor yang memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai jika dibandingkan dengan DPMPTSP Lotim masih banyak yang perlu dibenahi sarana dan prasarana termasuk SDMnya..

“Maka dari itu, tahun depan kita akan upayakan sarana dan prasarana maupun Sumber Daya Manusianya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat di Bumi Patuh Karya,” jelas Sukiman.

Sementara itu, Koordinator Tim Penilai Verifikasi dan Validasi BKPMRI, E Munzhori, dalam keterangannya menyampaikan, ucapan terimakasih dan apresiasinya atas sambutan Pemda dan DPMPTSP Lotim. Lebih jauh Munzhori menyampaikan hingga saat ini Lotim telah berhasil memasuki peringkat ke tiga(3) besar.

“Semoga pada verifikasi faktual tersebut bisa bertahan bahkan bisa meningkat. Andaipun ada perubahan semoga tidak terlalu jauh. Diharapkan bisa meraih hasil yang memuaskan” ungkap Munzhori.

BACA JUGA  Bupati Lotim, Buka Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2021.UTD Perlu Untuk Pemenuhan Kebutuhan Darah Masyarakat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lombok Timur, Muksin S.KM.MM, kepada Wartawan mengatakan, ada 4 penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri PTSP dari Pusat dalam tahap Verifikasi faktual antara lain: Penilaian kinerja dari PTSP, Percepatan Pelaksanaan Berusaha(PPB) Pemda Lotim, Penilaian DPMPTSP Provinsi serta Penilaian dari Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia(HIPMI) Cabang Lotim.

“Penilaian itu ada empat diantaranya penilaian PTSP seperti bentuk kerjasama PTSP dengan ratusan instrument yang ada. PPB bagaimana pemda memberikan regulasi terkait dengan aturan, jaringan konektifitas dengan pelayanan daring atau online, karena dengan online itu akan cepat,tepat dan responsive. HIPMI akan memberikan penilaian terkait dengan kesan-kesan dari pengusaha yang ada,”jelasnya.

Lanjut Muksin, setelah tim juri melhat factual yang ada dilapangan terhadap 4 kriteri penilaian yang telah dilaporkan secara mandiri (penilaian secara mandiri via online-red)   maka berdasarkan data Riil inilah yang nantinya akan menjadi dasar untuk menentukan greed.

“Karena dari Kementerian Investasi BKPMRI itu akan mengambil 25 besar DPMPTSP seluruh Indonesia dan itu yang nantinya akan diundang ke Jakarta untuk mengadakan pemaparan dan akan disaring menjadi 5 besar dan yang 5 besar inilah nantinya akan diberikan Reward PTSP secara Nasional,”katanya.

Pada akhirnya ia berharap semua elemen DPMPTSP Lotim  akan berihtiar dengan segenap kemampuan yang ada, untuk merebut PTSP Award 2021 dan mudah-mudahan DPMPTSP Lombok Timur dapat menyabet peringkat 5 besar terlebih, Bapak Bupati selaku pimpinan kita sangat mensuport kegiatan ini. Semoga, kita bisa memberikan yang terbaik untuk Bumi Patuh Karya. (Bul)