Desa Kadindi Wakili NTB Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional

Desa Kadindi Wakili NTB Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional

Perpustakaan desa Kadindi wakili provinsi Nusa Tenggara Barat dalam lomba perpustakaan tingkat nasional tahun 2021. Hal ini di karenakan desa Kadindi menjadi juara satu tingkat provinsi NTB tahun 2021.

Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2016 silam ini diberi nama “Perpustakaan Kadindi Pintar” oleh pemerintah desa Kadindi.

Ditemui di kantor desa Kadindi. Doriwanto kepala desa Kadindi menuturkan perpustakaan saat ini bukan hanya menjadi tempat baca. Tapi juga sebagai pusat informasi.

“Informasi apa yang masyarakat butuhkan, ada di perpustakaan desa. Bagaimana cara memperoleh hasil tanaman yang maksimal. Kami datangkan pakarnya langsung untuk berdiskusi,” ucap kades tersebut Kamis, 9/9/2021.

Lebih lanjut, kades yang baru menjabat dua periode tersebut mengungkapkan pentingnya membangun masyarakat melalui perpustakaan desa.

“Banyak sumbangsih yang dirasakan masyarakat karena adanya perpustakaan. Melalui perpustakaan, kita bisa memberdayakan masyarakat,” tegasnya.

Ditempat yang berbeda, Karyani, M. Pd selaku koordinator devisi tehnis perpusdes Kadindi memaparkan keterlibatan anak – anak muda di bidang literasi.

“Kami kerap kali melibatkan anak – anak muda Kadindi untuk menjadi volunteers. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan Pramuka, Bina Keluarga Berencana, Pokdarwis dan sekolah yang ada di desa Kadindi,” ungkap perempuan 47 tahun tersebut.

Perpustakaan yang memiliki keanggotaan sebanyak lima ratus lebih anggota ini memiliki banyak sekali program.

“Selain mendirikan berugak baca setiap dusun, kami biasanya mengadakan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Meskipun keterbatasan dalam hal fasilitas, namun masyarakat sangat antusias,” beber Karyani yang juga merupakan guru di SMPN 2 Pekat tersebut.

Adapun untuk penilaian lomba perpustakaan tingkat nasional tersebut. Desa Kadindi mendapatkan jadwal pada Jum’at 3/9/21 yang lalu melalui zoom meeting oleh perpustakaan nasional (perpusnas). Dan penilaian ini akan berlangsung sampai 10/9/2021 mendatang.

Ditempat yang sama pula, Zainuddin Humas perpusdes Kadindi mengungkapkan poin penting perpusdes Kadindi Pintar.

“Kami punya mini mosium. Anak – anak bisa mengenal benda – benda berharga yang berpengaruh sampai saat ini untuk umat manusia.”

Lebih lanjut Zainuddin mengungkapkan, “Selain itu juga, perpusdes Kadindi Pintar berdiri dengan bangunan yang berbeda dan tidak menyatu dengan kantor desa Kadindi.”

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA