Dalam Sepekan Angka Pasien Covid-19 Yang Dinyatakan Sembuh Meningkat

0
71
Gambar merupakan ilustrasi pasien yang berhasil sembuh dari covid-19
Gambar merupakan ilustrasi pasien yang berhasil sembuh dari covid-19
banner post atas

Sinar5news.com – Jakarta – Dalam sepekan ini peningkatan signifikan ditunjukkan pada pasien covid-19 yang berhasil dinyatakan sembuh sebanyak 14,1 persen. Hal ini merupakan kabar baik bagi seluruh masyarakat sekaligus meyakinkan bahwa pandemi ini bisa segera berakhir. Hal tersebut tidak lepas dari peran Pemerintah, Para Garda Terdepan seperti Dokter dan Instansi Kesehatan lainnya, Aparat Keamanan Negara yakni TNI dan POLRI dan juga masyarakat yang disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan baik.

Melansir dari laman resmi Kompas, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Selasa (15/9/2020) mengatakan, tingkat kesembuhan terkendali jika dilihat masih adanya peningkatan angka kesembuhan. 

“Ini adalah pekerjaan kita bersama, agar kita bisa menurunkan angka kematian lebih rendah daripada rata-rata dunia,” kata Wiku.

Iklan

Pemerintah pusat pun menegaskan untuk seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota agar serius dalam menangani pandemi yang terus menghantui Tanah air tercinta kita ini. Disiplinkan Kegiatan Penerapan Protokol kesehatan kepada masyarakat dan melakukannya secara ketat karena beberapa pekan terakhir ini, kasus positif covid-19 cenderung meningkat secara bertahap dan semakin tinggi.

Berdasarkan data yang diambil dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sampai saat ini yakni Selasa,15 September 2020, jumlah kasus yang aktif sebanyak 55.000 kasus atau setara dengan 24,4 persen. Penambahan kasus baru terjadi pada hari ini sebanyak 3.507 kasus, jumlah kasus sembuh 161.065 kasus dan meninggal dunia sebanyak 8.965 Jiwa.

 

Dalam hal ini, terdapat 5 provinsi dengan kenaikan kasus sembuh tertinggi yang terjadi baru-baru ini diantaranya yakni wilayah Jawa Barat meningkat lebih dari hari-hari sebelumnya yang terjadi sebanyak 460 menjadi 1.131 kasus, Sulawesi Tenggara dari 72 menjadi 182, Kepulauan Riau dari 43 menjadi 266, Bengkulu  dari 5 menjadi 23, dan Maluku Utara dari 0 menjadi 13 kasus.

Jubir Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberikkan apresiasi kepada kelima Provinsi yang berhasil menciptakan kabar baik tersebut. Bahkan Ia juga meminta kepada kelima Provinsi tersebut agar dapat mempertahankan dan meningkatkannya.

Sementara itu, terdapat lima provinsi dengan kasus sembuh tertinggi dari corona yakni Sulawesi Tengah, Gorontalo, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Angka tersebut juga sekaligus berita baik yang harus dijaga dan ditekankan.

Namun,terdapat peningkatan yang cukup tinggi dalam kasus penyebaran corona ini, ada pada lima Provinsi yang mengalami hal tersebut yakni DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara dan Bali. Sementara itu kasus meninggal dunia akibat covid-19 ini juga terjadi di wilayah DKI Jakarta, Sumatera Barat, Bali, Riau dan juga Jawa Timur

“Hal ini menunjukkan bahwa kasus Covid-19 belum selesai. Jadi kita seluruhnya harus tetap waspada, kenaikan ini harus bisa kita tekan agar tidak bertambah lagi,” ucap Wiku.

Mengutip data dari laporan laman resmi KOMPAS,rincian kabupaten/kota dengan tingkat kematian tertinggi per 100.00 penduduk berada di Kota Surabaya (35,96), Kota Semarang (31,71), Jakarta Pusat (29,78), Kota Manado (23,03), dan Kota Mataram (22,98).

“Angka-angka kematian ini mohon betul-betul dapat ditekan, mari kita jaga seluruh keselamatan rakyat Indonesia dengan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, agar angka-angka ini menurun dan kondisinya membaik,” Tegas Wiku.