Curah Hujan Tinggi, Dua Dusun Di Labuhan Haji Terendam Banjir.

Foto : Iptu Fahruddin, Kapolsek Labuhan Haji, Berjibaku Bersama Warga Bantu Masyarakat Terdampak Banjir.
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Cuaca ekstrim Berupa hujan lebat,petir dan angin yang cukup kencang melanda pesisir timur Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggra Barat (NTB) mulai sekitar pukul 12.00 wita, hingga pukul 16.00 wita, yang mengakibatkan beberapa daerah mengalami banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi. Senin (08/02/2021).

Foto : Warga Kampung Mandar Evakuasi Kasur tempat Tidurnya.

Akibat curah hujan yang cukup tinggi, puluhan rumah warga di Dusun Mandar dan Ambengan di Desa Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur (Lotim) terendam banjir. Namun luapan banjir itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya bebera warga yang rumahnya terendan hingga sekitar 1,5 meter, terpaksa mengepakuasi barang-barang berupa perabot rumah tangganya, karena genangan air masuk kedalam rumah.dan diperkirakan untuk sementara jumlah kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur, Lalu Masri Habibullah yang dijumpai wartawan dilokasi bencana menerangkan, Akibat curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan luapan air yang berasal dari hulu, sementara posisi Desa Labuhan Haji dihilir dengan dataran rendah.

Iklan
Foto : Lalu Masri Habibullah ( Kasi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD Lotim-NTB)

“Curah hujan turun dari sekitar jam 12 tadi, dan banjir ini datang sekitar pukul 14.30 wita, yang mengakibatkan dua dusun, yakni dususn Mandar dan dusun Ambengan terendam banjir, dan upaya kita saat ini mendatangkan karung-karung yang berisi pasir yang kita gunakan untuk membuat tanggul sementara untuk menghadang arus air yang masuk kedalam dua kampong tersebut,”ungkap Masri Habibullah.

Ia juga menambahkan pihaknya mendata jumlah penduduk yang benar-benar terdampak oleh banjir yang melanda Dusun Mandar dan Dusun Ambengan dan juga tempat yang lainnya, untuk diberikan bantuan berupa, selimut, terpal dan bantuan makanan siap saji. Dan kita juga terus akan melakukan pengecekan dan assemen serta penyedotan dengan berkordinasi dengan Damkar, dan TNI-Polri.

BACA JUGA  BREAKING NEWS : Gempa Bumi Berkekuatan 7,1 Magnitudo Guncang Wilayah SULUT.

Sementara itu Kapolsek Labuhan Haji IPTU Fahrudin saat dikonfirmasi awak media di lokasi banjir menjelaskan, akibat cuaca ekstrem tersebut beberapa rumah warga di wilayah Dusun Ambengan dan Dusun Mandar terendam banjir,

“Untuk sementara dapat kami sampaikan, akibat banjir hari ini mengakibatkan ada 40 unit rumah warga terdampak di Dusun Ambengan dengan ketinggian 30 centi meter. Namun, yang terparah ada di di Dusun Mandar RT.03, ada sekitar 10 rumah warga terendam dengan ketinggian air 1 meter lebih akibat curah hujan yang sangat besar di Desa Labuhan Haji ini, dan juga disebabkan karena saluran irigasi yang tidak sebanding dengan debit air yang mengalirinya,” ungkap Iptu Fahrudin.

Menurut Fahrudin, jajarannya bersama Brimob Kompi lll Yon B Pelopor, BPBD dan warga masih melakukan evakuasi barang barang milik warga terdampak.

Ditempat yang sama, Kepala SDN 4 Labuhan Haji, Sulhiana, S.Pd kepada awak media menyampaikan, yang terdampak banjir bukan hanya rumah warga. Namun juga, 2 lokal Gedung SDN 4 Labuhan Haji yakni satu ruangan Perpustakaan dan satu ruangan kelas terendam banjir.

“Akibat luapan banjir tersebut, semua buku buku perpustakaan dan sarana prasarana didalamnya habis terendam banjir.Sehingga kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, bagaimana mencarikan kami solusi agar tidak terjadi hal serupa dan untuk mengantisipasi banjir susulan,” harapnya.(Bul)