Belum Banyak Diketahui, Ini Manfaat Shalat 5 Waktu Bagi Tubuh

banner post atas

Bagi sebagian Muslim, shalat adalah persyaratan agama dan tidak ada yang lain. Selain itu shalat juga adalah pengorbanan untuk mendekatkan diri kepada Allah setiap hari.
Sementara shalat memang memiliki banyak manfaat agama dan spiritual. Dalam shalat setiap orang menemukan motivasi atau inspirasi dengan cara yang berbeda. 5 manfaat shalat yang tak banyak diketahui , apa saja? Yuk simak bareng-bareng…

1. Shalat Bentuk Meditasi

Meditasi mindfulness adalah hal yang populer akhir-akhir ini. Ada praktik yang dipandu di YouTube, dan di kelas diadakan perguruan tinggi. Dan untuk alasan yang baik, karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu orang menjadi lebih santai dan penuh perhatian.

Iklan

Shalat juga merupakan bentuk meditasi yang serupa. Itu memanggil kita untuk mengosongkan pikiran kita dari pikiran yang mengembara dan melemaskan tubuh kita. Meditasi bisa jadi sulit dilakukan untuk jangka waktu yang lama, tetapi shalat biasanya hanya memakan waktu 5-15 menit per doa.

2. Mengajarkan Manajemen Waktu

Shalat adalah cara sederhana dan alami untuk mengatur waktu luang kita. Fakta bahwa doa-doa kita tersebar sepanjang hari menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa sibuk hari kita, kita selalu punya waktu untuk menyembah Allah. Tidak ada alasan. Demikian pula, kita dapat menggunakan waktu shalat untuk mengatur tanggung jawab kita yang lain dan hal-hal pada daftar tugas yang seharusnya kita pikir kita tidak punya waktu untuk melakukannya.

3. Shalat Mengajarkan Untuk Fokus

Ini adalah hal yang sulit untuk diakui, dan juga untuk diperjuangkan. Saat menawarkan shalat, tidak jarang memiliki pemikiran seperti ini melintas di benak seseorang:

– Mengingat sesuatu yang sebaliknya tidak bisa Anda ingat
– Lagu yang menarik tiba-tiba tersangkut di kepala Anda
– Memikirkan bagaimana Anda seharusnya merespons ini-dan-itu atau ini-dan-itu

BACA JUGA  SEJARAH HARI BATIK 2 OKTOBER

Alasan semua ini penting adalah karena hal itu menunjukkan kepada kita apa yang diprioritaskan oleh pikiran dan hati kita pada saat itu. Merupakan kelemahan alami manusia untuk terganggu selama shalat, tetapi kita harus selalu berusaha untuk mengatasinya. Beberapa cara untuk melakukan ini adalah untuk mengingat Allah sebanyak mungkin di waktu luang kita dengan membuat dakwah, melakukan Dzikir, membaca Al-Quran, dan mendengarkan ceramah agama.

4. Dakwah Hening

Shalat menunjukkan keindahan Islam dan hubungan yang ditawarkannya dengan Tuhan. Sementara itu biasanya tindakan pribadi atau yang dilakukan di masjid, kadang-kadang waktu untuk shalat datang dan tidak ada ruang pribadi untuk menawarkannya. Ketika saat seperti itu terjadi, Shalat sebagai jalan untuk berdakwah dengan orang lain.

5. Shalat Bisa Buat Hati Tenang

Shalat adalah satu hal yang dapat menenangkan, tanpa gagal, ketika marah, sedih, atau hanya bereaksi berlebihan tentang sesuatu. Ini adalah pengingat bahwa semunya akan kembali kepada Allah, dan masalah tiba-tiba tidak tampak begitu buruk lagi. Dan jika sedang marah dengan seseorang, dengan shalat mengingatkan akan pengampunan Allah yang tertinggi dan fakta bahwa Ia mencintai orang-orang yang memaafkan orang lain. Ini juga merupakan pengingat bahwa setiap orang harus mencoba untuk memaafkan orang lain.