Apa si Gender Itu? Ini Penjelasannya

Apa si Gender Itu? Ini Penjelasannya

Oleh : Khairun Nisa Dan Rita

Mahasiswi STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyyah Jakarta

Dari segi etimologi, kata gender berasal dari bahasa inggris “gender” yang berarti jenis kelamin. Berdasarkan arti kata tersebut, gender sama dengan seks yang juga berarti jenis kelamin. Namun, banyak dari para ahli yang meralat definisi ini. Artinya, kata “gender” tidak hanya mencakup masalah jenis kelamin. tapi lebih dari itu, analisis gender lebih menekankan pada lingkungan yang membentuk pribadi seseorang. Berikut ini pendapat dari para ahli tentang definisi gender:

  1. Dalam Webster’s New World Dictionary, gender adalah perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dari segi nilai dan perilaku.
  2. Dalam Women’s Studies Encyclopedia dijelaskan bahwa gender adalah suatu konsep budaya pada suatu masyarakat tertentu yang berupaya membedakan laki-laki dan perempuan dalam hal peran, perilaku, mentalitas dan karakteristik emosional yang berkembang dalam masyarakat tersebut.
  3. Menurut Ivan Illich, gender merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar jenis kelamin. Gender mencakup segala hal tentang pebedaan laki-laki dan perempuan yang bersumber pada tempat, waktu, lingkungan, serta kebudayaan.
  4. Mansoer Fakih (2006:71) berpendapat bahwa gender adalah sifat/karakter yang yang telah tertanam dalam diri manusia (laki-laki dan perempuan) yang dikonstruksikan secara sosial dan budaya yang berkembang dalam masyarakat.

Berdasarkan berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa gender adalah suatu konsep yang mengkaji tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan sebagai hasil dari pembentukan kepribadian yang berasal dari masyarakat (kondisi sosial, adat-istiadat dan kebudayaan yang berlaku).

Misalnya, dalam suatu masyarakat terkenal suatu prinsip bahwa seorang laki-laki harus kuat, mampu menjadi pemimpin, rasional, dan segala sifat lainnya. Sementara itu, seorang perempuan dikenal sebagai sosok yang lemah lembut, penuh keibuan, peka terhadap keadaan, dll. Dan pembentukan sifat-sifat tersebut dapat terjadi dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat yang lain.

BACA JUGA  Menteri PPPA RI, Berikan Penghargaan Kepada Gubernur NTB, Terkait Perda Pencegahan Pernikahan Anak.
BACA JUGA  INDONESIA BERHIZIB SERENTAK PADA MALAM NISFU SYA'BAN

Jadi, istilah perbedaan gender sangat tergantung pada kondisi lingkungan masyarakatnya. Dengan kata lain, perbedaan gender dibentuk oleh masyarakat setempat. Berbeda dengan seks, yang mengkaji perbedaan antara laki-laki dan perempuan dari segi fisik tubuh (biologis). Gender adalah perbedaan peran, fungsi, dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi social dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Gender adalah karakteristik laki-laki dan perempuan berdasarkan dimensi social kultural yang tampak dari nilai dan tingkah laku.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA