Unity is power Kembali Ke Rumah Besar Pemuda

banner post atas

Pemuda adalah masa depan bangsa. Ingin melihat bangsa maju lihatlah pemudanya. Masa muda adalah masa yang amat sangat menentukan maju mundurnya masa depan suatu qaum bahkan bangsa itu sendiri. Sudah banyak contoh kemajuan sebuah bangsa sejauh mana bangsa tersebut menyiapkan generasi selanjutnya. 

Kemajuan bangsa Jepang akibat bangsanya lansung melakukan lompatan reformasi. Membangkitkan semangat, menggelorakan kebangkitan kaum muda untuk membangun negrinya. yang sudah porak poranda oleh dahsyatnya Bom Atom yang dijatuhkan tentara sekutu pada waktu perang dunia ke dua. sehingga pada waktu itu negri Jepang terbakar hangus pohon binatang rumput apalagi manusia semua ludes terbakar. Kota Herosima waktu itu bagaikan kota mati tak berpenghuni. Jepang sudah tidak layak untuk dihuni karena tidak ada harapan kehidupan. Tapi apa yang dilakukan Jepang tidak mau berpangku tangan pimpinan mereka
lansung tancap gas menyekolahkan anak muda jepang untuk belajar keluar. lalu kembali setelah lulus membagun negerinya. Dari dulu sampai sekarang dunia terbelalak oleh kemajuan tekhnologi Jepang yang super kaya raya lalu kemudian disusul China dan korea yang banyak mengirimkan anak mudanya sekolah ke negri matahari ini. Chinapun saat ini menjelma sebagai raksasa ekonomi dunia. Begitu juga termasuk olahraganya sudah masuk tiga besar peraih medali emas dunia di tingkat olempiade. Jepang, China serta Korea telah membuka mata dunia bagaimana kehebatan pergerakan ekomoinya yang melesat dengan tingkat korupsi yang sangat rendah di dunia.
Ini menunjukkan kemajuan tekhnologi suatu bangsa seiring dengan ketahanan budayanya yang paripurna berpegang teguh pada nilai. otak boleh cerdas tapi hati dan keluhuran budi sebagai jangkar dan kompas melangkah bertindak.

Sekarang bagaimana dengan kita pemuda Indonesia. Dikarunia bangsa besar indah dengan berbagai aneka warna, kekayaan alam yang berlimpah ruah baik darat, laut, udara. Hasil hutan berlimpah yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Nias sampai pulau Rote, jika dikelola dengan menejemen profesional jujur, Arif bijaksana. Indonesia mampu memberi makan penduduk bumi. Tapi apa yang kita rasakan, bagaikan tikus mati dilumbung padi. Begitulah kata pepatah lama. Rakyat Indonesia masih banyak yang lapar bahkan masih ada yg busung lapar dihamparan tanah Nusantara yang penuh emas, intan, berlian dst. Ini benar- benar memalukan di mata dunia.

Iklan

Tujuhpuluh lima tahun lebih kita merdeka bahkan hanya Indonesia yang mampu mengusir penjajah di bumi ini dengan hanya senjata bambu runcing. Pejuang, pahlawan dan leluhur kita membuktikan sebagai pesa moral pada dunia, jangan pernah main-main dengan bangsa yang bernama Indonesia ini. Itu kemudian, Presiden proklamtor kemerdekaan telah berwasiat jauh sebelumnya. Yang kuhawatirkan kepada negri tercinta ini bukan penjajah dari luar tapi penjajah dari bangsamu sendiri. Fatwa presiden pertama kita semakin jelas kita rasakan betapa bangsa ini sibuk saling menjatuhkan, sibuk mencuri uang rakyat. Suatu penomena yang sangat melukai para pendiri bangsa dan merusak ajaran leluhur negri yang berfalsafah Pancasila.

BACA JUGA  PD NW kota Mataram Memberikan 10.000 Hizib Nahdlatul Wathan Kepada kelompok Pencinta Hizib

Tidaklah mengherankan kemudian bencana silih berganti menyapa negri kita tercinta. mulai banjir bandeng, gunung meletus, gempa bumi berbagai macam bencana susul menyusul. Belum lagi ujian covid 19 yang memaksa warga bangsa tidak bisa berkativitas bebas. Telah merontokkan semua sendi perekonomian semua bangsa. Tentu melalui perenungan yang sudah satu tahun lebih kita bekerja dari rumah lebih banyak berdiam diri. Semoga Menyadarkan kita semua, bahwa kehidupan ini ada yang mengatur semua. kekayaan bumi ini ada yang punya, janganlah dimakan sendiri. Tapi harus dimanfaatkan untuk kehidupan bersama yang lebih adil Arif bijaksana.

Hembusan nafas kembali ke rumah pemuda KNPI bersatu adalah awal langkah untuk maju bersama. Kita harus malu dengan anak bangsa yang mendeklarasikan persatuan di tahun 1928 yang silam. Mereka hanya punya semangat dan sepirit yang sama walapun jarak yang jauh memisahkan mereka tidak ada alat komunikasi, transportasi hanya jalur laut. Hanya dengan mengayuh sepeda mereka masih bisa bertemu. Dibandingkan dengan zaman kita sekarang. Yang mau bertemu dari semua wilayah hanya hitungan menit dan jam. Dengan ragam pasilitas yang serba ada.

Untuk itu wahai saudaraku seluruh pemuda/i di bumi persada Nusantara. Sampai kapan mau terus berargumentasi merasa paling benar, saling olah meminjam istilah yang sangat populer di tubuh KNPI, saling silang pendapat, saling menjatuhkan sesama. Apakah pemuda/i yang gizinya jauh lebih sempurna dengan pemuda/i tempo dulu sampai sekarang sudah tiga periode kepengurusan KNPI masih mau berpacah belah. Masih mau diadu domba. Mikiirrr dong. Kata cak lontong.

Jika tahun ini gagal lagi bersama bersatu di rumah besar KNPI, pemuda Indonesia selesai sudah riwayatnya, tidak ada lagi yang bisa dibanggakan. Dan penulis meyaqini dimata pemerintah baik pusat maupun daerah akan sangat sulit mendapat suntikan dana pengembangan organisasi dan agenda kerjasama lainya menyangkut kepemudaan. Kebesaran pemuda sebagai elang pital pembangunan sudah tidak bisa lagi diandalkan. Kejayaan pemuda hanya kenangan. Dan tentu akan sangat merugikan keberlangsungan sebuah bangsa. Kerena habisnya generasi emas yang dapat mewarisi kepemipinan menuju cita cita proklamasi kemerdekaan.

BACA JUGA  MUTIARA HIKMAH (10) PROSPEK MEDIA SINAR5NEWS.COM Oleh : Abu Akrom

Oleh sebab itu, melalui forum kebangsaan ini mari kami mengajak seluruh pemuda/i Indonesia kembali melihat sejarah, buka mata hati, kedepankan visi misi kebangsaan, berikan suri tauladan yang baik tentunya. Agar bisa dicatat sejarah untuk generasi selanjutnya. Jangan sia siakan amanah pederitaan pahlawan yang memerdekakan bangsa ini. Sudahi semua segala bentuk perselisihan, kembali duduk bersama, mengepalkan tangan ke angkasa luar, bertekad dan berjanji kepada diri dan tanah air dihadapan yang Maha karena kita adalah negara yang berketuhanan. Untuk senantiasa all:

1. Kembali kompak utuh bersatu di rumah besar pemuda KNPI
2. Kedepankan visi kebangsaan persatuan dan kesatuan untuk Indonesia maju
3. Rekatkan kambali semua elemen pemuda/i dari seluruh komunitas bahwa KNPI adalah wadah berhimpun semua kompenen pemuda/i Indonesia dari seluruh organisasi
4. KNPI kedepan harus dapat menjadi mitra pembangunan
5. KNPI masa depan harus menjadi lompatan transformasi khususnya tekhnologi agar dapat membantu percepatan target Indonesia maju di segala bidang.
6. KNPI masa depan harus mampu terjun dalam dunia pertanian, kelautan, Karena sumber kehidupan yang paling besar ada pada kedua bidang tersebut yg dibutuhkan dunia.
7. KNPI juga harus mampu memberikan pelatihan-pelatihan baik entrepreneur, pendampingan kewirausahaan untuk melahirkan pemudi/a masa depan yang kreatif inopatif.
8. KNPI mesti ada regenerasi kepemimpinan sehingga jangan ada terkesan ada ketua abadi dalam organisasinya
9. KNPI harus tetap independen tidak boleh dipakai oleh kepentingan politik manapun selain politik negara menjaga Indonesia adil makmur.
10.Selamat berkongres satu KNPI satu Nusa satu Bangsa satu bahasa. Jaya Pemuda Jaya Bangsaku.

Mari hadirkan kongres bersama yang penuh cinta damai, bermartabat penuh hikmah. Sehingga dapat menghasilkan keputusan yang berguna untuk bangsa dan negara. semangat kebersamaan, gotong royong, cinta tanah air. Menjaga Pancasila sebagai idiologi negara.NKRI harga mati. Ini yang didambakan oleh kita semua dan leluhur kita. buktikan bawa pemuda/i Indonesia masa kini yang sudah mengeyam pendidikan jauh lebih hebat dengan pemuda tempo dulu, dapat memberikan keteladanan yang nyata. Saatnya pembuktian bukan hanya janji palsu. Merdeka! Selamat Berkongres.

Penulis adalah : Samianto Muthohhar Presiden Forum Kebangsaan