Ibadah Haji 2020 Di Tunda,Sesuai Keputusan Menteri Agama No.494 Tahun 2020.

banner post atas

Sinar5news.com – Selong – Kepala Seksi Urusan Haji, Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) Makkinuddin,S.Ag membenarkan bahwa penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 14141H atau 2020 M ditunda oleh Pemerintah Republik Indonesia. Hal itu disampaaikan kepada wartawan diruang kerjanya. Kamis(18/06/2020).

“Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor.494 tahun 2020,jadi untuk Haji tahun 2020 ini ditunda, atau diundur dan akan diberangkatkan pada tahun 2021,” Ungkap Makkinuddin.

Alasan penundaan itu semata-mata karena pertimbangan kemaslahatan dan keselamatan jamaah haji. Dan kalaupun ada informasi pemerintah Arab Saudi akan membuka pelaksanaan haji,tentu bagi pemerintah Indonesia sulit bisa dilaksanakan karena persiapan pelaksaan haji butuh waktu yang banyak.

Iklan

Ia juga menambahkan, akibat adanya covid-19 beberapa agenda manasik haji tidak bisa dilakukan karena, kita dilarang berkumpul atau berdekatan. Sedangkan kalau kita mau melakukan manasik melalui Online (Video Comprence-red) tidak mungkin karena hampir 80% jamaah calon haji kita usianya diatas 60 tahun atau lanjut usia.  

“Hampir 80% Calon jamaah Haji kita usia lanjut dan manasik haji tidak bisa kita lakukan dengan sempurna karena Covid-19. Dan dalam pelaksanaan pemberangkatan haji itu kan banyak instansi yang terlibat,seperti Dinas Kesehata,Dinas Perhubungan, Imigrasi dan lainnya,sementara seharusnya jamaah ini akan berangkat tanggal 26. Jadi tidak mungkin bisa dilakukan,” Terangnya.

Jumlah jamaah calon haji yang semula akan diberangkatkan dari Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2020 ini sebanyak 808 orang.

“Ada 808 orang calon jamaah haji kita, yang semestinya berangkat pada tahun ini, dan mereka semua sudah melunasi ONH nya,tapi karena ada penundaan maka jamaah haji kita ini akan berangkat pada tahun 2021 mendatang,” Ujar Makkinudddin.

 

BACA JUGA  Cabin Fever "Menghantui" Masyarakat Yang Terlalu Lama Tinggal di Rumah.

 

(Bul)