Tanya jawab seputar Ramadhan bagian 29

Tanya jawab seputar Ramadhan bagian 29

Soal : Shalat witir sebaiknya dilakukan sebelum tidur atau setelah tidur ?
Jawab : Pendapat yang melakukan witir sebelum tidur adalah Abu bakar RA, dan yang melakukan setelah tidur adalah Umar RA. Kedua pendapat tersebut sudah diadukan kepada Nabi Sallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau membenarkan keduanya.

Soal : Apakah shalat witir hanya ada di bulan Ramadhan ?
Jawab : Shalat witir adalah shalat Sunnah yang sangat dianjurkan baik itu di bulan Ramadhan atau luar bulan Ramadhan. Waktu pelaksanaan nya setelah shalat Isya’ sampai sebelum fajar.

Soal : Berapakah jumlah rakaat shalat witir ?
Jawab : Sesuai dengan namanya witir (ganjil), maka jumlah rakaatnya adalah bilangan ganjil. Boleh 1, 3, 5, 7, 9 sampai 11 rakaat. Tidak diperbolehkan lebih dari itu. Satu rakaat adalah rakaat minimal, 3 rakaat adalah minimal kesempurnaan rakaat, dan lebih sempurna adalah 5 sampai 9 rakaat. Adapun 11 rakaat adalah maksimal jumlah rakaat shalat witir.

Soal : Manakah yang lebih utama pelaksanaan shalat witir yang tiga rakaat. Apakah dua rakaat salam kemudian ditambah satu rakaat, atau sekaligus tiga rakaat kemudian salam ?
Jawab : Yang paling afdhol adalah dua rakaat salam dan ditambah satu rakaat, karena adanya Khobar yang menjelaskan tentang adanya larangan menyerupakan shalat Witir dengan shalat Maghrib.

Soal : Bagaimana kalau shalat witir didahulukan pelaksanaannya dengan shalat Isya’ ?
Jawab : Yang demikian itu berarti melakukan shalat witir bukan pada waktunya. Shalat witir yang telah dilakukan sebelum shalat Isya’ terhitung shalat sunnat mutlak.

BACA JUGA  Tanya jawab seputar Ramadhan bagian 22

Baca Selanjutnya

BACA JUGA  Bertambah 8.369, Kasus Covid-19 di Indonesia Pecahkan Rekor Baru

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA