Renungan : Persiapkanlah Diri Kita Untuk Menghadapi Kematian

banner post atas

Kematian pasti akan mendatangi kita, cepat atau lambat. Dimana saja, kapan saja, dan dalam keadaan apa saja, apabila sudah datang waktu kematian tersebut, maka tidak bisa dimajukan atau di tangguhkan sedikitpun.

Sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan:
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.”

Iklan

(QS. Al-A’raf: 34)

️Bagaimanapun keadaan kita, walaupun kita berada pada puncak kejayaan, kekayaan, kesehatan, dan kekuatan, bahkan walaupun kita dalam penjagaan yang kuat, berada dalam benteng yang amat kokoh sekalipun, jika sudah datang waktu kematian kita, maka kematian pasti akan menjemput kita.

Sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan:
أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

“Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…”

(QS. An-Nisa’: 78)

Maka janganlah tertipu dengan kekayaan kita, kesehatan kita, kekuatan kita, kecantikan atau ketampanan kita, karena itu semua bukanlah penghalang bagi kematian untuk menjemput kita, dan itu semua tidaklah berguna sama sekali bagi kita apabila kematian sudah datang menjemput kita.

Maka bersabarlah didalam beribadah kepada Allah Ta’aala didunia ini, menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Dan sabarnya kita di dunia ini hanya sebentar, hanya sampai ketika datang waktu kematian kita. Jika besok datang waktu kematian kita, maka sampai besok kita bersabar dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.

Wallahu A’lam
اللهم صلي على سيدنا محمد وعلى آله يدنا محمد
Semoga bermanfaat

BACA JUGA  Rapat Pra Musrenbangcam Serengan Bacakan Pembahasan Acara Musrenbang Yang Akan Datang