PT.Pegadaian (Persero) Area Ampenan, Sosialisasi Tabungan Emas,Cara Investasi Yang Aman di UNW Mataram.

Foto : Ardiman Febrianto ( Marketing Exsecutive ) PT.Pegadaian (Persero) Area Ampenan Kota Mataram NTB.
banner post atas

Sinar5news.Com – Mataram – PT.Pegadaian Persero,sebagai Perusahaan Milik Negara, terus berinovasi dan meluncurkan program yang menguntungkan masyarakat untuk mendapatkan akses permodalan dalam kegiatan usaha atau kebutuhan pribadi lainnya. Karena seperti diketahui jargon PT.Pegadaian yang mengatakan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. Sehingga saat ini pihak PT.Pegadaian(Persero) mensosialisasikan Program Tabungan Emas.

Foto : Ardiman Febrianto Bersama Dekan dan Dosen UNW Mataram.

Demikian halnya dengan Ardiman Febrianto Marketing Eksekuti PT.Pegadaian Persero Area Ampenan yang melakukan sosialisasi Tabungan Emas di hadapan para Dosen Univesrsitas Nahdlatul Wathan(UNW) Mataram. Rabu (10/10/2020).

Menurut Ardiman Pegadaian selama ini hanya dikenal sebagai tempat menggadaikan barang-barang berharga seperti emas dan lainnya. Tetapi sebenarnya saat ini PT.Pegadaian bisa menjadi tempat masyarakat melakukan Investasi terutama investasi Emas, karena sebagaiman diketahui Emas itu cenderung harganya terus naik.

Iklan

“Kalau kita investasi dalam bentuk uang biasanya akan terjadi penurunan dari nilai uang itu sendiri, tetapi kalau investasi dalam bentuk emas maka akan sangat menguntungkan karena Emas tidak bisa ter gerus atau terpengaruh oleh inplasi,kalau dalam bentuk uang memang uang kita tetap tapi nilainya yang turun,” Ungkap Ardiman Febrianto.

Foto : Acara Sosialisasi Tabungan Emas Dari Tim PT. Pegadaian (Persero) Area Ampenan di UNW Mataram.

Ia juga menambahkan makna Tabungan Emas atau Investasi dalam bentuk emas, bukan berarti semua orang akan memberikan emas sebagai investasi. Tetapi tabungan yang berupa uang itu akan dihargakan atau dikonpersi dengan besaran berat emas.

“Tabungan Emas maksudnya, bukan berarti orang nabung itu menyerahkan emas, tetapi nilai tabungan itu akan dihargakan atau dikonversi  dengan emas. Misalnya harga emas saat ini Rp.1 juta per gram, maka orang yang menyetor tabungannya 1 juta, orang itu sudah berinvestasi emas 1 gram,dan karatase emas yang diberikan oleh Pegadaian adalah emas 24 karat, atau emas yang paling mahal,”Terangnya.

BACA JUGA  Sempat Hilang, Korban Terseret Arus Sungai Sudah Ditemukan Meninggal

PT.Pegadaian cukup memberikan kemudahan bagi masyakat yang berminat untuk berinvesatasi emas, karena syarat untuk mendapatkan buku tabungan emas itu,atau untuk membuka rekening Tabungan Emas, masyarakat cukup membawa foto copy KTP kekantor pegadaian terdekat dengan biaya administrasi Rp.40.000.

Sedangkan penarikan tabungan investasi dalam bentuk emas itu, dapat dilakukan kapan saja oleh penabung, namun dalam penarikan uang itu akan tetap berpatokan pada nilai atau harga emas pada saat itu juga.

“Tabungan emas bisa ditarik kapan saja, tetapi patokannya harga emas saat itu. Saya contohkan saat kita nabung harga emas Rp.1 jt per gram dan saat kita mau menarik tabungan Harga Emas Rp.1,2 juta per gram, berarti masyarakat penabung sudah untung Rp.200 ribu per gram,dan penarikan tabungan itu bisa dalam bentuk uang atau emas,” Terangnya.

Produk Tabungan Emas PT.Pegadaian itu adalah produk Syariah, karena dalam program tersebut tidak memberikan bunga, jadi keuntungan dari penabung itu adalah murni dari harga turun naiknya harga emas. Jadi dapat dikatakan saat menabung, nasabah(penabung) membeli emas pada pegadaian dan saat menarik tabungan seakan nasabah menjual emasnya ke pegadaian.  

Ardiman Febrianto juga menambahkan Investasi emas PT.Pegadaian (persero) itu bisa juga dibuat sebagai jaminan untuk Mendaftar sebagai Calon Haji dengan hitungan investasi di Pegadaian 5 gram emas. Yang 3,5 gram bisa jadi jaminan daftar naik haji di Pegadaian.

“Jadi dengan investasi  3,5 gram emas  di Pegadaian, itu sudah bisa jadi jaminan daftar naik haji dan langsung mendapat nomor porsi nomor porsi Haji dengan failitas pembiayaan Arrum Haji Pegadaian (Persero), ” imbuhnya.

Untuk itu Ardiman Febrianto berharap masyarakat dapat memanfaatkan Program Tabungan Emas dari PT.Pegadaian ini, karena dinilai cukup menguntungkan dan termasuk bentuk investasi yang cukup aman dalam menjaga nilai rupiah yang dimiliki oleh masyarakat, karena tidak bisa tergerus oleh inflasi.(Bul)   

BACA JUGA  Cegah Radikalisme dan Intoleransi Ummat Beragama. Polres Lotim Gelar FGD.