Napak Tilas Majapahit Menyingkap Sejarah Bencana

Napak Tilas Majapahit Menyingkap Sejarah Bencana

Kedeputian Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana melakukan kunjungan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada Selasa (25/5).

BPCB Jawa Timur memiliki tugas melaksanakan pemeliharaan, perlindungan, pemugaran, dokumentasi, penyelidikan dan pengamanan, penetapan, serta memberikan bimbingan dan penyuluhan terhadap masyarakat tentang peninggalan sejarah dan purbakala.

Selain itu, kunjungan dilanjutkan ke Pusat Informasi Majapahit (PIM) dan beberapa situs yang ada di Trowulan guna menggali informasi mengenai literasi sejarah kebencanaan pada masa lampau khususnya di wilayah Jawa Timur.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Dosen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dr. Ir. Amien Widodo, M.Si yang menjelaskan bahwa kondisi Indonesia terapit oleh tiga lempeng tektonik aktif membuat Indonesia rawan terhadap bencana gempa bumi yang dapat memicu tsunami dan letusan gunung berapi.

Adapun Amien mengungkapkan berdasarkan temuan, peradaban di Indonesia sudah tidak asing dengan kejadian bencana.

 

BACA JUGA  Kisah Sahabat Rasulullah : Rela Gagal Menikah Demi Mati Syahid Di Jalan Allah

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA

BACA JUGA  R.S Bhayangkara Polda NTB,Simulasi SOP Penanganan Jenazah COVID-19