MUSWIL NW DKI JAKARTA DIAPRESIASI TGB DAN DIHADIRI SEKJEND LPOI & LPOK

banner post atas

 

Hari Ahad, 14 Juni 2020 M/22 Syawwal 1441 H pukul 09.00 mulai diadakannya acara pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) Nahdlatul Wathan DKI Jakarta dengan mengangkat tema; “Memperkuat Sinergitas dan Soliditas Untuk Masa Depan Nahdlatul Wathan” di Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta, yang berada di Jl. Penggilingan, Cakung Jakarta Timur.

Pembukaan Muswil NW DKI Jakarta yang dihadiri langsung oleh sejumlah pengurus inti dari PW NW Jakarta dan PD NW Jakarta Timur, PD NW Jakarta Pusat, PD NW Jakarta Selatan serta diikuti pula secara virtual oleh jajaran PB NW, Dewan Pakar PB NW dan pengurus dari PW NW yang ada di seluruh Indonesia tergolong sukses, sekalipun ada sedikit kendala tekhnis di perangkat virtualnya.

Iklan

Acara pembukaan Muswil NW DKI Jakarta dipandu pembawa acara dari salah seorang anggota Muslimat NW DKI Jakarta dan Kepala Sekolah di SMA NW Jakarta yang suaranya tidak asing lagi di Ponpes NW Jakarta yaitu ibu Yuli Sofiyati, S.Pd, MM. Dan keberadaannya sangat membuat acara Muswil ini berjalan tertib dan teratur dan sukses dari awal sampai akhir.

Acara Pembukaan Muswil ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ust. Zul Makky, S.Pd dari PD NW Jakarta Timur dan dilanjutkan dengan pembacaan Al Fatihah dan Shalawat Nahdlatain oleh Ustadz Amrullah Khair, M.Pd dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama dari panitia Muswil NW DKI Jakarta, Drs. Badri HS, QH, M.Pd dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa ta’zhim dan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada segenap dewan penasehat, ketua PW NW DKI Jakarta, Sekjen Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) dan Lembaga Persahabatan Ormas Keaagamaan (LPOK) dan seluruh tamu undangan yang menghadiri kegiatan ini. Wabilkhusus ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Dewan Tanfiziyah PB NW, TGB. Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA yang berkenan memberikan sambutan dan membuka acara muswil ini yang berlangsung selama dua hari, yaitu Ahad-Senin, 14-15 Juni 2020.

“Terlaksananya Muswil NW DKI Jakarta ini adalah atas support dan dukungan berbagai pihak yang benar-benar memiliki dedikasi yang tinggi terhadap kemajuan NW khususnya di daerah Ibu Kota Jakarta. Kemudian sambutannya di akhiri dengan perkataan Sayyidina Ali bin Abi Thalib,

BACA JUGA  SYAIR INSPIRATIF (116) MGBK SMP JAKARTA TIMUR SELALU BERSYUKUR

اَلْحَقُّ بِلاَ نِظَامٍ يَغْلِبُهُ اْلبَاطِلُ بِالنِّظَامِ

“Kebenaran yang tidak diorganisir dapat dikalahkan oleh kebatilan yang diorganisir.”

Selanjutnya sambutan dari ketua Umum Pengurus Wilayah DKI Jakarta, TGH. Muslihan Habib, pettama menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya muswil yang sudah lama diagendakannya. “Sebenarnya muswil ini sudah lama diagendakan, tetapi karena berbagai kendala apalagi adanya pandemi covid-19 ini, akhirnya baru bisa terlaksana saat ini dan dirangkai pula melalui sarana virtual (online). Walau demikian, menurutnya kegiatan ini termasuk luar biasa karena diikuti langsung dengan virtual oleh PB NW dan jajarannya serta seluruh pengurus wilayah NW yang ada di Indonesia”. Ungkapnya.

Selain itu beliau menyatakan pula rasa kegembiraannya atas hadirnya SekJend LPOI dan LPOK beserta rombongannya. Dan dalam sambutannya, tak lupa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada PB NW dan dewan penasehat NW Jakarra Drs. H. Lalu Sudarmadi dan Drs. TGH. Muhammad Suhaidi serta H. Christianto, MT yang telah memberikan support, arahan dan masukannya yang sangat berharga, sehingga acara muswil ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses.

Dan yang paling menyentuh dari sambutan beliau adalah organisasi NW yang diwariskan oleh Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid merupakan amanah yang sangat mulia untuk terus diperjuangkan, kalau tidak kita yang terlibat secara aktif, lalu siapa lagi yang akan meneruskan perjuangan NW. Tentu kita tidak mau NW ini diabaikan begitu saja, mari dengan niat yang tulus secara total kita perjuangkan NW ini sampai masanya nanti NW tersebar secara merata di seluruh penjuru dunia sesuai dengan doa yang senantiasa kita baca “wansyur liwaa nahdhatil wathan fil’alamin”.

Kemudian beliau mengutip sebuah syair wasiat renungan masa dari Maulana Syaikh yang sangat memotivasi;

“Anakku kalian kuamanahkan
Membela teguh Nahdlatul Wathan
Kompak utuh sepanjang zaman
Iman taqwa diperjuangkan”.

“Dengan wasiat tersebut menjadi landasan utama untuk terus berjuang membela NW dimana saja berada, jangan sampai amanah guru besar ini kita sia-siakan begitu saja, sungguh ini adalah suatu khianat yang berakibat dosa di akhirat nanti.”

Lebih lanjut, diakhir sambutannya mengatakan;
“Dalam muswil ini akan banyak mendengar ide dan gagasan dari pengurus wilayah yang ada di DKI Jakarta untuk mengagendakan program-program penting demi kemajuan dan kemaslahatan NW. Tak lupa berdoa agar Muswil yang salah satu agenda pentingnya pemilihan pengurus baru periode 2020-2025 selama dua hari ini, berjalan lancar dan mendapatkan keputusan hasil yang sesuai dengan harapan”. Pungkasnya mengakhiri sambutan.

BACA JUGA  Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah Dinyatakan Negatif Covid-19 Usai Bertemu Menag Fachrul Razi

Selanjutnya sambutan dari dewan penasehat PW NW DKI Jakarta, Drs. Lalu Sudarmadi, M.PIA menyampaikan sesuai dengan tema yang ditetapkan, hendaknya NW ini selalu memperkuat sinergitas dan soliditasnya kedepannya. Diantara upayanya adalah mengakomudir kader-kader NW untuk lebih gencar lagi berkiprah demi kejayaan NW itu sendiri. NW DKI Jakarta ini adalah unik dan memiliki keistimewaan sendiri karena berada di pusat ibu kota. Dimana NW Jakarta ini tidak hanya diperuntukan bagi pengurus wilayah saja, tapi lebih dari itu menjadi window (jendela) bagi seluruh NW yang ada di Indonesia.

Kedepan NW mesti meningkatkan soliditasnya karena tantangan demikian berat dengan adanya covid ini kita dipaksa untuk membuat tatanan baru dengan ide dan kreatifitas yang cemerlang.

Apalagi dunia saat ini dikuasai oleh dua negara besar yaitu China dan Amerika, jadi kader-kader terbaik NW tidak hanya berkiprah di tataran nasional. Hendaknya dapat menembus ke dunia internasional sehingga umat ini dapat terbina keimanan dan ketaqwaannya menuju ajaran Islam yang rahmatal lil’alamin. Demikian harapan beliau yang sangat mulia dan menggugah semangat para peserta muswil yang mendengarkannya.

Selanjutnya sambutan dari sekjen LPOI, H. Beni Sanusy, BA. Beliau berharap agar ketua umum yang terpilih dalam muswil ini adalah kader terbaik NW yang dapat bekerja lebih sukses pada masa mendatang. LPOI dalam hal ini siap bersinegi dengam NW dan bekerjasama dalam berbagai bidang yang penting termasuk dalam hal mempelajari Bahasa Mandarin.

Dan sambutan pamungkas dari DT PBNW, yaitu TGB. DR. KH.Muhammad Zainul Majdi, MA setelah mengapresiasi diadakannya Muswil NW DKI Jakarta, beliau banyak memberikan motivasi-motivasi dan nasehat yang sangat berharga dalam membangun NW di masa-masa yang akan datang. (Amr)

Jakarta, 22 Syawwal 1441 H/14 Juni 2020 M