Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif Selama Pandemi Covid 19.

Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif Selama Pandemi Covid 19.

Oleh : Rianty Eska Putri M.Pd

Selama kondisi pandemi Covid 19, kegiatan pembelajaran yang kini di sebut pembelajaran jarak jauh atau PJJ menjadi tugas rutin bagi seorang guru. Hal tersebut menjadi sebuah kegiatan baru bagi guru, yang semula mengajar di sekolah dengan tatap muka, kini pembelajaran di lakukan dengan bantuan media elektronik seperti handphone dan laptop.

Sudah hampir kurang lebih 9 bulan rasanya selama pandemi Covid 19, kegiatan pembelajaran yang dilakukan di rumah ini membuat guru harus terampil didalam membuat media dan strategi pembelajaran, agar para peserta didik tidak merasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh ini. Mengingat sarana dan media yang terbatas, membuat para guru harus memutar otak agar terus dapat memberikan materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta tepat sasaran dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.

Lalu bagaimanakah cara agar dapat menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid 19 ini? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para guru.

1. Gunakan aplikasi pembelajaran yang terupdate

Di masa pandemi Covid 19 ini, berbagai macam aplikasi pembelajaran kini ramai digunakan di berbagai instansi pendidikan, dengan tujuan agar semua tujuan pembelajaran dapat tersampaikan oleh peserta didik walaupun kegiatan pembelajaran tidak dilakukan dengan tatap muka langsung.

Aplikasi pembelajaran di internet, baik aplikasi yang berbayar maupun gratis saat ini selalu tampil memberikan inovasi dan kreasi agar para peserta didik tidak merasa jenuh saat kegiatan pembelajaran. Berbagai model materi, maupun video pembelajaran yang disuguhkan dengan kreatif, inovatif dan modern dapat menarik rasa ingin belajar yang tinggi bagi peserta didik.
Oleh karena itu bagi para guru, rutinlah memanfaatkan aplikasi pembelajaran yang terupdate, karena merupakan hal yang tepat diberikan bagi peserta didik, agar peserta didik dapat terus merasa semangat dan tidak mudah jenuh dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

BACA JUGA  Tampi Asih, TUAN GURU

2. Membuat video pembelajaran sendiri untuk peserta didik

Bukan menjadi hal yang biasa bagi para guru untuk mencoba sesuatu hal yang baru di masa pandemi Covid 19 ini. Membuat video pembelajaran sendiri dapat menjadi salah satu cara sebagai media pembelajaran yang tepat untuk diberikan kepada peserta didik. Mengingat adanya beberapa keterbatasan pada media elektronik seperti kuota yang tidak cukup untuk mengakses materi dari internet, ataupun mungkin peserta didik rindu melihat wajah dan cara mengajar langsung sang guru, video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.

Selain dapat memberikan pengajaran yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi untuk peserta didik, secara langsung para guru pun akan menjadi kreatif dan terus dapat berinovasi membuat media pembelajaran kedepannya, dan juga kepercayaan diri seorang guru dapat terus meningkat ketika rutin membuat video pembelajaran sendiri untuk peserta didik.

BACA JUGA  Polres Sumbawa Amankan Satu Perempuan dan Dua Lelaki Terduga Pelaku Narkoba

3. Rutin berdiskusi komunikatif dan ramah secara tatap muka virtual

Mengingat terbatasnya kegiatan pembelajaran jarak jauh ini, kebanyakan para guru mungkin hanya memberikan tugas dari buku ataupun internet untuk peserta didik. Tanpa disadari kegiatan tersebut hanya akan membuat para peserta didik merasa bosan. Mulailah mencoba rutin untuk mengajak para peserta didik berdiskusi secara tatap muka virtual, dengan memanfaatkan aplikasi pada handphone dan laptop, lakukan diskusi tersebut secara komunikatif dan ramah untuk peserta didik, seperti contoh rajin menanyakan kabar peserta didik, menanyakan kendala yang di rasakan selama pembelajaran jarak jauh, dan memberikan motivasi untuk terus semangat belajar selama pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut akan membuat peserta didik merasa sering diajak berkomunikasi dengan guru walaupun dilakukan secara virtual, dengan begitu peserta didik akan merasa senang dan tidak merasa jenuh saat pembelajaran jarak jauh.

4. Berikan tugas yang dapat mengasah kreatifitas peserta didik.

Hal yang tidak dapat dipungkiri bagi seorang guru selama pandemi Covid 19 ini adalah memberikan tugas yang setumpuk untuk peserta didik, seperti tugas mencatat materi, membaca materi, dan mengerjakan soal. Tanpa disadari tugas tersebut hanya akan membuat peserta didik merasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

BACA JUGA  Dakwah TGB (55) MENGINGAT KONTRIBUSI PARA PENDAHULU

Bagi para guru cobalah membuat tugas yang dapat mengasah kreatifitas peserta didik dengan menyesuaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan selama di rumah, contoh memberikan tugas menanam, mengamati makhluk hidup, menyaksikan video pembelajaran yang menarik, menggambar, memasak makanan bergizi, membuat video olahraga, membuat kerajinan tangan, dan membuat suatu karya ilmiah. Tugas tersebut akan mendorong peserta didik untuk dapat menunjukan kreatifitas nya, selain itu peserta didik tidak akan merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran yang hanya terfokus pada membaca dan menulis saja.

5. Memberikan hasil evaluasi belajar yang menarik kepada peserta didik

Dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari hal memberikan hasil evaluasi kepada peserta didik untuk melihat keefektifan pembelajaran. Namun selama pandemi Covid 19 guru dapat memberikan hasil evaluasi belajar yang menarik kepada peserta didik seperti jika ada beberapa peserta didik yang memiliki nilai rendah, guru dapat meminta peserta didik untuk membuat gambar virus Covid 19, membuat video tutorial cara cuci tangan yang baik ataupun membuat kerajinan tangan masker. Guru pun juga dapat memberikan hasil evaluasi belajar yang menarik dengan menyesuaikan mata pelajaran yang diampu. Dengan memberikan hasil evaluasi belajar tersebut peserta didik akan mendapatkan hal baru sebagai tambahan materi pembelajaran.

Beberapa cara diatas adalah sebuah usaha yang dapat dilakukan guru selama masa pandemi Covid 19 ini. Tidak ada salahnya mencoba hal tersebut dalam kegiatan pembelajaran, agar para peserta didik selalu tetap merasa semangat dalam belajar selama pandemi dan cara tersebut juga akan membuat para guru menjadi seorang yang kreatif dan juga inovatif didalam memberikan media dan strategi pembelajaran untuk peserta didik.

BACA JUGA  Jelang Pekan Olahraga Nasional Papua, Sebanyak 106 Atlet NTB Diterjunkan

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA