Masa Kejayaan Militer Indonesia Pada Tahun 1960 Membuat Belanda dan Para Sekutu Keluar dari NKRI.

banner post atas

Sinar5News.com – Jakarta — Sebagai negara yang dulunya pernah mengalami masa penjajahan yang sangat lama, Indonesia memiliki kisah kejayaan Militernya pada Tahun 1960 yang membuat Belanda beserta sekutunya Amerika dan Inggris dibuat kocar-kacir dari NKRI. Pernyataan ini dilansir dari halaman resmi Info Militer Indonesia.


Dari pernyataan tersebut melihat militer kita sekarang yang sangat baik, dari segi pasukan khususnya pun meraih prestasi gemilang di layar kaca dunia dan juga memiliki pasukan yang ditakuti oleh dunia saat ini, seperti halnya Kopassus, Kopaska, Denjaka dan Masih banyak lagi Pasukan khusus lainnya yang juga sangat mengerikan.

Kejayaan militer Indonesia pada tahun 1960 diantaranya terdapat angkatan udara, darat dan juga laut yang sangat dominan.

Iklan

Berikut informasi kejayaan Militer Indonesia Pada Tahun 1960 :

• ANGKATAN DARAT
Pada saat itu berjumlah 283.000 Prajurit yang terdiri dari 23.000 Prajurit Para Militer, 128 Batalyon Infantery, 8 Batalyon Artilery. Kemudian diperkuat dengan 55 Saracen, 69 Saladin, 55 Ferret, dan 400 Tank AMX 13.

• ANGKATAN LAUT
Memiliki kapal perang andalan terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot sekitar 1600 ton).

KRI Irian adalah salah satu kapal kelas Cruiser paling berbahaya di dunia dan nyaris sebanding kekuatannya dengan kapal-kapal tempur terbaik Amerika, USS Iowa, USS Wisconsin, dan USS Missouri dari kelas Battleship yang lebih besar. Pertahanan anti serangan udaranya pun sangat kuat, karena dilengkapi 4 Buah triple gun Mk5-bis turrets kaliber 20 mm, dan 32 buah Kanon multi fungsi kaliber 3,7 cm. Sabuk lapis bajanya pun tebalnya mencapai 100 mm, yang nyaris tidak mungkin ditembus oleh kapal-kapal perang Belanda terbaik saat itu, termasuk Hr. Ms Evertsen. Bahkan kapal induk terbesar kebanggan Belanda, HNLMS Karel Doorman langsung diperintahkan meninggalkan Papua begitu mengetahui KRI Irian bergerak.

BACA JUGA  PERDAMAIAN DAN PERSATUAN UTK MASA DEPAN NW

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur.

• ANGKATAN UDARA
Menjadi salah satu armada udara paling mematikan di dunia, kerena terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari:
1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15.
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.

Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salah satu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.

Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salah satu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

BACA JUGA  Reshuffle 6 Menteri, Jokowi Bentuk Formasi Baru Kabinet Indonesia Maju

Semoga saja kejayaan kekuatan militer Indonesia dapat kembali ke pangkuan ibu pertiwi sehingga tercipta pertahanan dan kemanan negara yang kokoh yang dapat mendukung aspek lain seperti ekonomi dan pariwisata.

(SDK)