Kongres I Pemuda NWDI: Momentum Penguatan Loyalitas dan Dedikasi Kepemudaan

Kongres I Pemuda NWDI: Momentum Penguatan Loyalitas dan Dedikasi Kepemudaan

Oleh : Ahmad Muslim, M.Pd
✍️ Sekretaris Umum PW Pemuda NWDI NTB

Sinar5news.com – Pelaksanaan Kongres I Pemuda NWDI yang akan digelar tanggal 10 s/d 11 September 2022 di Pancor Lombok Timur, merupakan agenda besar Pemuda NWDI dalam menggoreskan sejarah panjang kepemudaan.

Sejarah mencatat bahwa peran pemuda dalam setiap episode perjalanan suatu bangsa selalu menempati posisi yang strategis dalam melahirkan perubahan besar bagi peradaban manusia.

Kongres pertama ini menjadi Momentum kebangkitan dan penguatan loyalitas serta dedikasi kepemudaan. Juga menjadi pijakan utama dalam memperkokoh Pemuda NWDI pada level Nasional.

Selain agenda pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda NWDI. Penguatan sistem dan penguatan struktural organisasi harus menjadi bahasan utama dalam Kongres pertama ini. sehingga, dapat terukur agenda-agenda organisasi kedepan.

Maka sudah barang tentu, pelaksanaan Kongres pertama Pemuda NWDI dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan dengan persiapan yang maksimal. tidak hanya sekedar ceremonial belaka, namun harus menghasilkan gagasan besar yang berkemajuan.

Tentunya, Kongres pertama Pemuda NWDI harus menjiwai dan menginternalisasi semangat kepemudaan yang dilahirkan oleh Maulanasyekh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid yang dituangkan dalam lagu “Ya Fata Sasak”.

Salah satu bait dalam lagu Ya Fata Sasak yakni “Kulluna alal wafa”. Kalimat ini dapat dimaknai bahwa kita harus memiliki loyalitas yang sama dan dedikasi yang tak ternilai. Loyal dan dedikasi menjadi prasyarat utama untuk meraih kejayaan organisasi.

Tidak ada organisasi besar tampa perjuangan dan loyalitas dari para kadernya. Organisasi NWDI tidak dibangun dengan instrumen politik tapi ia dibangun atas dasar iman dan taqwa dengan instrumen pendidikan, sosial dan dakwah serta nilai-nilai yang ditanamkan oleh sang pendiri.

Momentum Kongres kali ini, Pemuda NWDI harus mampu merumuskan arah tujuan yang cemerlang melalui program-program yang lebih terukur dan dapat memberikan kemanfaatan untuk masyarakat masyarakat.

Sebagai pemuda tentu kita memiliki sikap yang optimis untuk menggapai harapan dan tujuan yang telah dicita-citakan bersama. Kita yakin bahwa hari esok adalah milik kita pemuda yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap perjuangan organisasi.

Wallahua’lambissawab.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA