klasifikasi Taksonomi pada Hewan Komodo. Oleh : Sari Niswatul Muthi’ah

klasifikasi Taksonomi pada Hewan Komodo. Oleh : Sari Niswatul Muthi’ah

Halo perkenalkan nama saya Sari Niswatul Muthi’ah dari prodi biologi dengan Nomor Induk Mahasiswa 2620190001 , disini saya akan menjelaskan klasifikasi taksonomi pada hewan komodo. Komodo termasuk ke dalam kingdom animalia dengan filum chordata, kelas reptilia yang berarti merupakan kelompok hewan vertebrata berdarah dingin serta memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Komodo termasuk ke dalam ordo squamata dan merupakan bagian dari varanidae. Komodo juga merupakan genus atau marga dari varanus dengan nama spesies varanus komodoensis.

Komodo memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan biawak lainnya. Komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium stimuli, seperti reptil lainnya, dengan indera vomeronasal memanfaatkan organ Jacobson, suatu kemampuan yang dapat membantu navigasi pada saat gelap. Dengan bantuan angin dan kebiasaannya memiringkan kepalanya ke kanan dan ke kiri ketika berjalan, komodo dapat mendeteksi keberadaan daging bangkai sejauh 4-9,5 kilometer.

Komodo atau varanus komodoensis adalah spesies satwa asli Indonesia yang hanya ada di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, dan Pulau Padar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Maka dari itu sebagai salah satu satwa langka dan asli yang ada di Indonesia perlu dari kita untuk menjaga kelestarian terhadap komodo agar tidak punah.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Wabah Corona Melebar, Pelajar Harus Tetap Belajar

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA

BACA JUGA  Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif Selama Pandemi Covid 19.