KHIDMATNYA PERINGATAN MAULID NABI SMP LABORATORIUM JAKARTA MELALUI VIRTUAL

banner post atas

Salah satu SMP yang tidak pernah meniggalkan moment-moment penting baik dalam peringatan hari besar nasional maupun hari besar agama Islam adalah SMP Laboratorium Jakarta. Tujuan pokoknya adalah agar setiap warga sekolah terutama peserta didik dapat mengambil hikmah untuk dijadikan sebagai pembelajaran yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, SMP Laboratorium Jakarta tidak menyurutkan langkah untuk memperingati maulid Nabi besar Muhammad SAW, karena ini merupakan program sekolah yang sudah diagendakan diawal tahun pelajaran. Tepatnya hari Jumat, 13 November 2020 pukul 09.00 WIB, SMP Laboratorium Jakarta mengadakan peringatan maulid walaupun dengan cara yang sangat sederhana melalui jalur virtual dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Walaupun maulid tahun ini diadakan dengan sangat sederhana, tetapi dikemas dengan sangat rapi sehingga membawa kesan yang penuh khidamat bagi para peserta didik, orang tua/wali dan guru-guru/karyawan SMP Laboratorium Jakarta.

Yang bertugas sebagai pembawa acara/MC adalah Bella Tsabina Kasya siswi kelas IX A SMP Laboratorium Jakarta. Dalam membawakan acara, Bella sangat menguasai dan mampu mengendalikan acara sehingga semua acara dari awal sampai akhir berlangsung lancar, tertib dan penuh khidmat. Demikian juga petugas pembacaan ayat suci Al Quran Sabila Ferisya siswi kelas IX B tampil tenang dan mantap dalam membacakan ayat-ayat suci. Juga penampilan puisi oleh Novita Putri N. kelas IX A yang berjudul “Nabi Muhammad Idolaku” begitu syahdu penuh penghayatan, membuat acara maulid ini begitu sakral dan menyentuh hati bagi yang mendengarkannya.

Selanjutnya acara sambutan tunggal dari Kepala SMP Laboratorium Jakarta. Dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para peserta didik, orang tua dan guru/karyawan. Beliau juga menyampakan, “bulan Rabiul Awal adalah bulan yang sangat bersejarah bagi kita umat Islam, karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW lahir ke muka bumi sebagai pemimpin umat yang membawa rahmat bagi alam semeseta. Melalui Nabi Muhammad SAW terbimbing kehidupan umat manusia dari kebodohan menuju cahaya iman dan Islam. Dengan peringatan maulid ini, menambah kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan menambah pula rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dengan banyak membaca shalawat dan meneladani akhlak beliau diantaranya meningatkan sifat peduli terhadap sesama manusia dan kepada semua makhluk ciptaan Allah SWT. Juga meneladani sifat jujur, amanah, tanggung jawab dan segala sifat-sifat terpuji lainnya. Semoga peringatan maulid Nabi ini membawa keberkahan bagi kita semua, aamiin”. Demikian Ibu Rosalina mengakhiri sambutannya.

BACA JUGA  Syaikh Ali Jaber Menangis Karena Corona

Tibalah pada acara inti yaitu tauhsiyah yang disampaikan oleh Ust. Dwi Santoso, S.Pd guru Agama Islam di SMP Laboratorium Jakarta dengan tema, “Jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam segala aspek kehidupan, agar kita selamat, bahagia dan masuk surga”.

Dalam taushiyahnya Ust. Dwi Santoso mengupas dengan sangat jelas dan detail yaitu hendaknya dalam segala apapun aktifitas kehidupan, kita senantiasa mengikuti teladan yang utama yaitu Nabi besar Muhammad SAW, mulai dari hal sepele/ringan sampai kepada hal yang berat. Dari hal spele/ringan seperti makan, minum, tidur, buang air dan lain-lain hendaknya kita mengikuti beliau. Demikian juga dalam hal-hal yang berat seperti menuntut ilmu, puasa, haji, jihad dan lain-lain, hendaknya kita mengikuti ajarannya. Karena ketika kita mengikuti contoh yang telah diteladankan oleh beliau, maka sempurnalah perbuatan kita, dan semua itu akan dicatat sebagai amal shalih yang besar pahalanya disisi Allah SWT. Itulah kurang lebih tushiyah yang disampaikan oleh Ust. Dwi Santoso.

Kemudian acara ditutup denga doa oleh Ust. Marolah, S,Ag, MM direktur RQL (Rumah Quran Laboratorium) Jakarta. Dalam doanya memohon kepada Allah SWT agar benar-benar mampu mengikuti teladan utama kita yaitu Nabi besar Muhammad SAW dalam segala aspek kehidupan. Tak lupa juga mendoakan agar Allah SWT berkenan mengampuni semua dosa yang telah diperbuat baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Juga mendoakan agar SMP Laboraotrium Jakarta terus eksis dan semangat dalam mendididik, sehingga melahirkan generasi putra putri tebaik bangsa yang shalih, cerdas dan berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (Mar)

Jakarta, 2 Rabiul Akhir 1442 H/17 November 2020 M