Ingin Hijrah? Nih Penjelasan dan Cara Jitunya | Part 2

banner post atas

Sinar5Fakta – Halo gengs.., sebelumunya sudah di ulas tentang apa itu Hijrah dikalangan remaja, nah selanjutnya kita akan bahas mengenai Cara Jitu Hijrah yuk kita simak ulasan berikut.

Hijrah dikalangan remaja saat ini sudah dapat di ibaratkan sebagai sebuah tren, remaja berlomba-lomba untu hijrah ke arah yang lebih baik. Hijrah bukanlah sempit pengertianya, bukan hanya perpindahan tempat dari yang satu ketempat yang lainya. Dari sifat dan akhlak yang buruk berubah menjadi akhlak yang baik adalah sebuah perjalanan hijrah. Nah yang menjadikan hijrah begitu populer dikalangan remaja adalah sifatalami mereka yang mencoba mencari jati diri.

Dalam usianya remaja cenderung untuk mencari dan mencoba sesuatu yang berbeda, dengan adanya konsep hijrah yang berada dikalangan remaja kini tentunya akan lebih mudah diterima. Tidak hanya hijrah dalam pola pikir, namun hijrah dalam perilaku, dan banyak sisi lainnya.

Iklan

Sifat dasar remaja yang cenderung ingin berubah dari hari ke hari menjadikankonsep hijrah banyak diminati dikalangan remaja, Setiap diantara kita tidak ingin melihat kehidupan kita hari ini sama dengan hari kemarin atau bahkan lebih buruk dari hari kemarin. Dengan motivasi untuk berubah menjadi lebih baik dengan cita-cita yang tinggi, maka akan memberikan pengaruh pada diri kita untuk hijrah.

Nah pertanyaan apakah langkah yang perlu kita ambil dalam memulai hijrah, jangan sampai niat hati memancing ikan tapi akhirnya malah tenggelam.

1. Menetapkan Niat
Langkah awal untuk sebuah perbuhan didasari oleh niat, bahkan bagi kalian yang butuh motivasi dan dukungan niat adalah 50% dari hal tersebut. Karena tentunya sering kita dengar bahwa segala perbuatan tergantung pada niat, dalam hal seberapa kuat tekat kita untuk mencapai sebuah perubahan maka itulah yang akan kita dapatkan.

BACA JUGA  Beragam Shortcut Keyboard : WAJIB TAU, Tips Mempercepat Pekerjaan Anda.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺍْﻷَﻋْﻤَﺎﻝُ ﺑِﺎﻟﻨِّﻴَّﺎﺕِ ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻟِﻜُﻞِّ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﻣَﺎ ﻧَﻮَﻯ . ﻓَﻤَﻦْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻫِﺠْﺮَﺗُﻪُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟِﻪِ ﻓَﻬِﺠْﺮَﺗُﻪُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟِﻪِ، ﻭَﻣَﻦْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻫِﺠْﺮَﺗُﻪُ ﻟِﺪُﻧْﻴَﺎ ﻳُﺼِﻴْﺒُﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓٍ ﻳَﻨْﻜِﺤُﻬَﺎ ﻓَﻬِﺠْﺮَﺗُﻪُ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﺎ ﻫَﺎﺟَﺮَ ﺇِﻟَﻴْﻪِ

“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. Maka barangsiapa hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrahnya karena dunia yang ingin ia dapatkan atau mendapatkan wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang ia inginkan itu.”

2. Mengubah Pola Pikir Dan Cara Pandang
Beberapa artikel menyebutkan bahwa lingkungan merupakan faktor yng mempengaruhi dalam proses menjadi lebih baik. Nyatanya kunci utama terletak pada mindset dan cara pandang kita terhadap sesuatu, dalam hal ini tentu saja kita dapatkan dengan cara belajar. Tidak hanya secara teori namun pelajaran harus diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Cara kita memandang sebuah perkara akan terlihat berbeda dengan cara orang lain memandangnya tentunya yang menjadi pembeda adalah pengetahuan dan pengalaman. Mereka yang ingin menjadilebih baik akan lebih mudah berkembang saat berani mendobrak pagar pembatas paradigma atau dengan sebutan “out of the box” .

3. Jadikan Lingkungan dan Teman Sebagai Pendukung

Agama seseorang itu sebagaimana agama teman dan sahabatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.”

BACA JUGA  6 Fakta Di Balik Pentingnya Minum Air Putih Tiap Hari

Perlu diperhatikan bahwa hati manusia lemah, apalagi ketika sendiri. Perlu dukungan, saling menasehati antar sesama. Bahkan selevel Nabi Musa ‘alaihissalam saja memohon kepada Allah agar mempunyai teman seperjuangan yang bisa membantunya dan membenarkan perkataannya, yaitu Nabi Harun ‘alaihissalam.

Namun bukan alasan bagi kamu untuk menjauh dari temanmu yang menurutmu kurang baik. Cobalah untuk saling melengkapi dengan lingkungan dan saling membantu dalam kabaikan, setiap orang pasti memiliki kekurangan oleh sebab itu cobalah mempersempit kekurangan dengan cara memperluas pergaulan.

4. Tidak Pernah Bosan Menimba Ilmu

Point yang tak kalah pentong di banding yang lain adalah menimba ilmu pengetahuan karena dengannya tentu proses hijrah kita akan lebih mudah.

Ilmu pengetahuan dapt di ibaratkan sebagai peta yang meniunjukan jalan, jika kita memutuskan berhijrah tanpa punya GPS maka yang akan kita dapankan habyalahsebuah ketakutan. Entah itu takut dalam kegelapan atau takut dalam menentukan perasaan, itulah yang menjadi argumen mengenai pentingnya pemahaman.

Nah segitu dulu ulasan singkatnya ya guys.., semoga bermanfaat untuk kita semua dan tentunya menjadi penyemangat untuk kita melangkah ke arah yang lebih baik. Jangan bosan belajar ya gaes.. Inget pesen guru besar kita Shultonul Auliya Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

Tuntutlah ilmu sebanyak mungkin
Sampai mendapat gelar muflihin
Gelar dunia perlu dijalin
Dengan ajaran rabbul a’lamin

Semoga bermanfaat dan jangan bosen berbagi kebaikan dengan cara membagikan artikel ini yaa gaes. (MS)